25 radar bogor

Tol BORR Seksi IIB Dibuka Akhir April

Tol BORR Seksi 2B direncanakan beroperasi mulai bulan ini bersamaan dengan 6 ruas tol baru lainnya.

BOGOR–RADAR BOGOR,Tak lama lagi, lalu lintas di bila­­ng­an Sentul menuju Yasmin bakal ”bebas’’ macet. PT Marga Sarana Jabar (MSJ) me­mastikan pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB yang melayang di atas Jalan KH Sholeh Iskandar (Sholis) telah rampung. Akhir April ini, jalan layang pengurai macet Jalan Baru tersebut sudah dapat digunakan.

”Segera kita resmikan. Nanti ada masa gratis selama uji coba,’’ ujar Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo kepada Radar Bogor kemarin.

Hendro memastikan, banyak keistimewaan dari jalur ini. Terutama memecah kemacetan di simpang Kedunghalang, hingga jalur Sholis yang terkenal biang kemacetan. Menariknya lagi, jalan ini menghadirkan panorama Gunung Salak yang menjadi pemandangan istimewa bagi para pelancong saat memasuki Kota Hujan.

”Juga manfaat bagi perkembangan Kota dan Kabupaten Bogor atas keberadaan jalur ini. Dengan akses infrastruktur yang baik, dunia investasi kami harapkan turut berkembang,’’ ujarnya.

Hendro menegaskan bahwa kehadiran Tol BORR bukan semata bisnis. Ia berharap jalan layang ini menjadi bagian dan kebanggaan masyarakat Bogor. BORR juga diyakini dan diharapkan terus membangkitkan gairah dunia bisnis dan investasi Kota Hujan.

“Karena itu, peresmian jalur ini juga didahului rangkaian kegiatan seperti lari marathon 10K. Agar masyarakat turut merasa memiliki infrastruktur ini, dan ikut menjaga sebagai kebanggaan warga Bogor bersama,” ucapnya.

Dengan hadirnya seksi IIB, jalan tol yang bermula di wilayah Sentul Selatan ini akan bertambah panjang hingga 8,45 kilometer. Sementara sebelumnya ruas yang telah beroperasi baru dua seksi sepanjang 5,8 kilometer, yaitu seksi I ruas Sentul Selatan-Kedunghalang (3,85 km) dan IIA ruas Kedunghalang-Kedungbadak (1,95 km).

Keduanya telah resmi bertarif masing-masing pada November 2009 dan Mei 2014. Sementara seksi IIB yang sedianya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, terbentang dari Kedungbadak hingga Simpang Yasmin sepanjang 2,65 kilometer.

Sebagai informasi, Tol BORR dioperasikan oleh PT Marga Sarana Jabar yang merupakan anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tol ini terbagi atas lima seksi. Dua seksi lainnya yaitu seksi IIIA ruas Simpang Yasmin-Semplak (3,5 km) dan seksi IIIB ruas Semplak-Junction Salabenda (1,5 km).

Hendro menambahkan, untuk seksi IIIA rencananya baru akan dilelang pada Juni 2018. Namun sebelumnya, proses pembebasan lahan ditargetkan dimulai Mei 2018. Direncanakan seksi IIIA akan rampung konstruksinya pada Desember 2019.(**/ric)