25 radar bogor

Pemilik Minimarket Cuek, Pemdes bingung

DITOLAK WARGA: Bangunan minimarket yang akan beroperasi di Kampung Muara RT 02/03, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong

CIGOMBONG–RADAR BOGOR,Penolakan warga Kampung Muara RT 02/03, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, terhadap pembangunan minimarket di wilayahnya masih terus berlanjut. Hingga saat ini, pemilik minimarket belum berupaya menampakkan diri bahkan ke pemerintahan desa sekalipun.

Dikatakan Kepala Desa Ciburuy Iwan Sofwan pada Radar Bogor kemarin (12/4), pengusaha minimarket tersebut tak sedikit pun berkoordinasi dengan pihak desa. Jika koordinasi sudah dilakukan, kata Iwan, pihak desa bakal memfa­silitasi keinginan warga tersebut.

”Nanti kami coba bantu komunikasi baik-baik dengan warga. Kalau memang itu (ko­mu­nikasi, red) tidak ditempuh dan dibiarkan oleh pengusaha, kan bingung juga. Warga pun seper­tinya akan tetap meno­lak,” beber Iwan.

Dirinya meyakini bahwa dengan ko­mu­nikasi yang baik dan upaya bermu­syawarah, pasti ditemukan solusi terbaik. Namun jika kedua belah pihak sama–­sama mem­per­tahankan ambi­sinya, maka perma­salahan akan semakin runyam.

Sementara ini, peng­ertian yang diberikan pihak desa kepada masyarakat terus dilakukan.

“Ya, saya berharap masyarakat selalu bisa menjaga kondusivitas di wilayahnya, jangan main hakim sindiri. Biarkan mereka menempuh prosedurnya dulu, termasuk izin dari lingkungan setempat,” sambungnya.

Sementara, semua prosedur perizinan kembali harus mendapatkan persetujuan dari kepala desa selaku pemegang wilayah. Jika pun masyara­kat melihat minimarket tersebut beroperasional, maka hal itu bisa segera dilaporkan.

”Nggak mungkin lah, berdasarkan apa perizinan keluar? Tanda tangan kepala desa saja tidak ada, terus izin lingkungannya darimana?” tegas dia.

Soal kemungkinan besar bangunan tersebut bakal dibongkar kembali karena tak memiliki izin, kades hanya bisa gelengkan kepala. ”Ada pihak yang berwenang lagi itu,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, warga menolak dengan tegas keberadaan minimarket tersebut. Masyarakat beralasan, kehadiran minimarket akan berimbas pada pemilik warung kelontong di kampung mereka.(dka/c)