25 radar bogor

Lahir setelah 4 Tahun Orang Tuanya Meninggal

SELAMAT: Bayi yang lahir 4 tahun dari pasangan suami-istri yang telah meninggal

CHINA-RADAR BOGOR,Di Tiongkok, seorang bayi telah dilahirkan empat tahun setelah kedua orang tua kandungnya meninggal dunia akibat tabrakan mobil.

Peristiwa itu bisa terjadi karena pasangan suami istri tersebut telah membekukan beberapa embrio mereka dengan harapan bisa memiliki anak melalui metode bayi tabung.

Namun, sebelum hal itu tercapai, mereka telanjur tutup usia pada 2013 lalu.

Meski demikian, setelah insiden tabrakan, orang tua mereka berjuang melalui pengadilan agar diizinkan menggunakan embrio-embrio tersebut.

Perjuangan keempat orang itu membuahkan hasil setelah berjuang dengan susah payah. Pada Desember lalu, cucu mereka dilahirkan di Laos dan diberi nama Tiantian.

Kasus ini baru menjadi konsumsi publik setelah The Beijing News melaporkannya, pekan ini. Dari laporan tersebut, khalayak di Tiongkok semakin mengetahui betapa sulitnya perjuangan keluarga tersebut dan rumitnya memiliki anak menggunakan ‘rahim pinjaman’.

Saat insiden yang menewaskan pasangan suami istri itu terjadi, embrio mereka aman disimpan di dalam wadah berisi nitrogen cair dengan suhu minus 196 derajat Celsius. Wadah itu sendiri berada di ruang khusus di sebuah rumah sakit di Nanjing.

Masalahnya, belum ada kasus seperti ini di mana pasangan suami istri pemilik embrio meninggal dunia sehingga embrio tersebut langsung diserahkan ke orang tua mereka.(dc)