Beranda Female

Infeksi Jamur pada Kulit, Ini 6 Cara Atasi Masalah Candida

BERBAGI
ilustrasi

Candida adalah jamur yang menghambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Biasanya jamur ini tumbuh di area tubuh yang hangat dan lembap, seperti vagina, mulut dan kulit. Jika dibiarkan, ia dapat melepaskan racun yang menyebabkan masalah kesehatan.

Dilansir dari healthy guide, Sabtu (7/4), jika seseorang menderita infeksi jamur karena candida, maka tak perlu khawatir karena ada beberapa metode alami yang dapat membantu menyingkirkan jamur ini secara efektif. Berikut beberapa diet alami yang bisa ditempuh.

1. Hindari Gula dan Kandungan Karbohidrat
Menurut sebuah penelitian tentang candida, gula dapat menciptakan pertumbuhan jamur ini. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi asupan makanan ini jika ingin mengurangi candida yang berlebih. Sebagai gantinya, pilih nasi putih, pasta, roti, nasi merah, dan gandum.
Selain itu, gula ditemukan di sebagian besar makanan olahan seperti sereal, saus tomat, dan yogurt. Jadi, penting untuk membaca label dengan hati-hati.

2. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Makan makanan yang tepat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat pertumbuhan candida terkendali. Makanan yang tepat adalah yang memiliki kandungan protein tinggi, rendah kandungan karbohidrat serta lemak dan minyak jenuh yang baik.
Semua makanan ini harus segar dan bebas aditif, logam berat, pestisida, dan iradiasi. Daging harus berasal dari hewan organik dan makanan yang mengandung minyak sehat seperti kelapa dan ikan. Sayuran harus berasal dari sumber organik dan ikan harus bebas dari raksa serta polutan lainnya.

3. Memilih Lemak Baik
Lemak dan minyak yang baik sangat penting untuk membantu mengendalikan infeksi candida. Ada dua jenis asam lemak esensial yang harus ditambahkan ke diet harian, di antaranya omega-3 dan omega-6s. Selain itu, harus menghindari semua lemak jenuh serta minyak sayur terhidrogenasi.

4. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Fermentasi
Makanan fermentasi mengandung sejumlah besar probiotik yang dapat membantu memiliki cukup bakteri baik dalam usus. Juga, mengonsumsi makanan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi candida. Beberapa pilihan bagus pada makanan termasuk kefir, yogurt, salsa fermentasi dan kimchi.

5. Konsumsi Lebih Banyak Sayuran
Cobalah untuk mengonsumsi jus sayuran berikut dua kali sehari yang terdiri dari empat batang seledri, satu cangkir kale atau bayam, satu mentimun, jeruk lemon, jahe knob, dan setengah apel. Sebenarnya, sayuran hijau gelap dapat membantu tubuh untuk melawan efek jamur yang menginduksi asam.

6. Garam dan Rempah-rempah
Garam dan rempah-rempah bermanfaat memainkan peran penting dalam proses pencernaan dan penyerapan. Namun, sebagian besar garam yang kita konsumsi setiap hari tidak baik untuk kesehatan karena dikemas dengan logam berat serta zat berbahaya lainnya. Garam terbaik yang bisa dikonsumsi adalah garam laut yang belum diolah yang mengandung keseimbangan mineral alami.(jpg)

Bahaya Infeksi bagi Wanita

Perempuan kerap terjangkit dengan infeksi jamur yang menyebabkan keputihan. Umumnya infeksi jamur ini tidak berbahaya kecuali membuat para penderitanya sangat-sangat tidak nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Candida albicans adalah nama jenis jamur penyebab keputihan itu.

Tapi sejak 2009, ahli kesehatan di Amerika telah menemukan satu jenis jamur lain yang lebih berbahaya dari jamur albicans. Namanya candida aureus. Jenis jamur yang kebal jika hanya dibubuhi obat-obatan anti jamur biasa termasuk Kalpanax.

Pertama sekali candida aureus dideteksi pada seorang pasien di Jepang. Kemudian dilaporkan juga jamur ini ditemukan pada pasien-pasien lain di seluruh dunia. Dikatakan, Candida aureus adalah jamur berbahaya yang bisa berakibat kematian.

Ia punya tempat berkoloni di saluran urine dan pernapasan. Efeknya jamur aureus dapat membuat kulit teriritasi yang menyebabkan infeksi pada luka dan darah.

Hingga sekarang, jamur ini agak sulit dideteksi karena dominan rumah sakit belum memiliki alat untuk mengidentifikasinya. Tapi dari beberapa kasus diketahui jamur ini ditemukan di beberapa negara seperti Inggris, Jepang, Pakistan, Venezuela, Kuwait, Afrika Selatan, Korea Selatan, India dan Kolombia.

Infeksi jamur candida aureus bisa menjalar di seluruh bagian tubuh. Umumnya ditemukan di daerah vagina yang keberadaannya kerap sudah tercampur secara alami dengan jamur yang tinggal di vagina. Menurut para ahli, infeksi jamur candida aureus kerap dialami oleh pasien yang telah dirawat lama di rumah sakit.

Selebihnya adalah pasien yang menggunakan kateter atau yang baru habis menjalani operasi.

Cara mengantisipasi jamur ini di antaranya dengan mensterilkan alat-alat kedokteran secara menyeluruh sebelum digunakan pada para pasien.

Sementara itu, perempuan juga harus menjaga pola hidup sehat. Baik dengan konsumsi makanan yang teratur dan bergizi, maupun menjaga kebersihan badan dan berolahraga secara teratur.(net)

Baca Juga