25 radar bogor

Ajak Siswa Melek Lingkungan sejak Dini

JAGA LINGKUNGAN: Para siswa An Nahl Islamic School berkomitmen menjaga lingkungan. Itu dibuktikan dengan masifnya kampanye menjaga lingkungan serta berbagai kegiatan dengan tema lingkungan di sekolah.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Hari Bumi yang jatuh pada 22 April memang masih sepekan lagi, namun kemeriahannya sudah terasa di An Nahl Islamic School, Jalan Raya Ciangsana, Gunung Putri, kemarin (12/4). Puluhan siswa mengikuti kegiatan Earth Day and Book Festival 2018.

Penanggung Jawab Event Bumi An Nahl Syarif Hidayatulah mengatakan, merayakan Hari Bumi, pihaknya menggelar beberapa perlombaan bagi siswa-siswi An Nahl. Di anta­ranya hidroponik, peduli sampah, lomba daur ulang sampah family project, berkebun dan lomba mural yang diikuti peserta tingkat SMP.

”Semua program perlombaan diberi durasi satu minggu,” ujarnya.

Dalam lomba kemarin, pihak­nya menggandeng World Wide Fund for Nature (WWF) Indo­nesia. Mereka juga turut menginisiasi sejumlah kegiatan seperti permainan engkle, jelajah Papua, panda mobile maupun membaca buku hingga menonton film bertemakan lingkungan.

”Anak-anak juga diajak untuk melihat secara jelas kandungan air yang akan ditampilkan WWF, tujuan­nya agar mereka bisa tahu kandu­ngan di dalam air itu seperti apa,” ungkapnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Event Book Festival, Nu’man Nasif menambahkan, memperi­ngati Hari Bumi pada 22 April 2018, pihaknya telah menyel­enggarakan berbagai macam perlom­baan. Seperti giant book, membuat poster, surat terima kasih untuk guru dan lain sebagainya.

”Sebelumnya saya juga menyuruh siswa membaca buku selama 30 menit agar minat baca anak juga bisa dikembangkan dengan memperkenalkan mereka kepada buku setiap hari,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, dirinya berharap, para siswa­nya dapat semakin dekat dengan dunia literasi. ”Kami juga mem­berikan rewards bagi peserta yang membaca buku terbanyak, yaitu raja dan ratu,” pungkasnya. (cr2/c)