Beranda Metropolis

Umat Hindu Bogor Ikut Perayaan Dharmasanti Nasional

BERBAGI
GUYUB: Ratusan umat Hindu yang tergabung di BSDHD Kota Bogor ikut hadir dalam perayaan Dharmasanti di Cilangkap Jakarta.

BOGOR–RADAR BOGOR,Ratusan umat Hindu Kota Bogor yang tergabung dalam Banjar Suka Duka Hindu Dharma (BSDHD) Kota Bogor mengikuti Dharmasanti Nasional di GOR A Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (7/4) lalu.

Dihadiri Presiden RI Joko Widodo, tak kurang dari 3.000 umat Hindu se-Jabodetabek dan perwakilan Parisadha Provinsi dari seluruh tanah air menghadiri acara tersebut. Humas BSDHD Kota Bogor, Ni Luh Puspasari menjelaskan, Dharmasanti adalah puncak perayaan Hari Raya Nyepi yang juga menjadi ajang silaturahmi antarumat Hindu setelah melaksanakan seluruh rangkaian Nyepi.

“Perayaan Dharmasanti Nasional pada tahun ini mengambil tema Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI,” kata Dewa, sapaan akrabnya.

Dalam sambutan, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh umat Hindu di seluruh tanah air untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna menghadapi tantangan global dan kemajuan industri, yang sering berubah dengan cepat.

Presiden menambahkan bahwa penyiapan pendidikan yang berkualitas adalah kunci peningkatan sumber daya manusia tersebut.

Perayaan Nyepi pada tahun Saka 1940 ini menjadi momen yang istimewa bagi umat Hindu, karena bersamaan dengan jatuhnya Hari Raya Saraswati yang diperingati sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan.

Dewa mengatakan, dengan terus mengikuti berbagai kegiatan keagamaan, baik skala lokal maupun nasional, BSDHD Kota Bogor memiliki banyak pengalaman dan meningkatkan silaturahmi antarumat Hindu di sejumlah wilayah.(ran/b)

Komentar Anda