25 radar bogor

Sangat Menyakitkan

LESU: Megabintang Barcelona terlihat kecewa setelah timnya dibantai 0-3, dan gagal melaju ke babak semifinal Liga Champions.

ROMA–RADAR BOGOR,Kejutan besar terjadi di Stadion Olimpico, Rabu (11/4) dini hari WIB. Si empunya stadion, AS Roma sukses menaklukkan calon juara La Liga, Barcelona di leg kedua Liga Champions dengan skor 3-0. Skor tersebut cukup mengantar Roma ke semifinal untuk pertama kalinya di Liga Champions.

Roma sukses come back setelah di leg pertama mereka kalah 1-4 dari Blaugrana di Camp Nou. Di leg kedua, Roma pun dihadapkan pada misi sulit. Terlebih menghadapi Barcelona yang tengah on fire setelah belum terkalahkan di pentas Divisi Primera musim ini.

Namun, Roma memegang prinsip bah­wa tak ada yang tak mungkin di sepak bola. Ya, di sepak bola segalanya bisa terjadi. Tampil spartan sejak awal, Roma mampu menang dengan skor 3-0. Dengan hasil ini, agregat kedua tim menjadi 4-4. Namun, lantaran bisa mencetak satu gol pada pertemuan pertama di Camp Nou, Roma berhak lolos ke semifinal berkat agresivitas gol tandang.

Roma membuka keunggulan pada menit 6 lewat Edin Dzeko usai memanfaatkan umpan dari Daniele De Rossi. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Pada menit 58, I Lupi (julukan AS Roma) memimpin 2-0 setelah penalti De Rossi mengoyak gawang Marc-Andre ter Stegen. Penalti diberikan lantaran Edin Dzeko dilanggar di area terlarang.

Gol penentu kelolosan Roma dicetak oleh Kostas Manolas pada menit 82 lewat sundulan usai meman­faatkan umpan pemain muda Cengiz Under. Pemain asal Turki itu baru masuk pada menit 73 menggantikan Patrick Schick. Hingga laga berakhir, skor 3-0 tak berubah dan Roma pun membuat keajaiban besar.

Jika melihat jalannya pertandingan, tim asuhan Eusebio Di Francesco itu kalah dalam penguasaan bola yakni 45% berbanding 55%. Namun, Dzeko cs unggul dalam hal serangan. mereka membuat 15 tembakan dengan tujuh di antaranya on target. Seda­ngkan Barcelona hanya mela­kukan tujuh tembakan dan hanya tiga yang on target.(jpc/dkw)