Beranda Female

Mengenalkan Dunia Literasi pada Anak

BERBAGI
Ilustrasi

Mendongeng untuk anak banyak membawa manfaat. Salah satunya meningkatkan daya imajinasi anak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Efnie -psikolog anak- anak berusia 3-7 tahun cenderung memiliki dunia mereka sendiri.

Nah, dengan terbiasa membacakan dongeng pengantar tidur setiap malam, Bunda secara tidak langsung telah menstimulus perkembangan daya imajinasi yang positif dan efektif pada buah hati. Tentu saja ini akan membuat sang anak lebih aktif dan efektif dalam mengkritisi hal-hal di sekitarnya karena daya visualisasi otaknya telah dilatih sejak dini melalui penggambaran tokoh hingga kejadian di dunia dongeng.

Selain itu, kemampuan verbal anak pun jadi bisa berkembang optimal. Bunda, dengan rutin membacakan dongeng anak, tentu saja ini sangat bagus untuk meningkatnya pembendaharaan kata si kecil sehingga ia bisa berkomunikasi dengan lebih baik.

Terlebih lagi bagi Bunda yang mempunyai anak belum lancar berbicara. Mendongeng setiap malam terbukti dapat menstimulus otak anak untuk merespons setiap unit wicara yang digunakan, mulai dari intonasi, struktur kalimat, hingga makna pragmatis tuturan.

Tak kalah penting, membentuk karakter anak. Pada buku dongeng, biasanya terselip budi pekerti dan nilai moral yang dapat dijadikan contoh. Jadi tak ada salahnya menyempatkan diri untuk membacakan dongeng setiap malam hari. Kenapa?

Menurut Efnie, nilai positif yang diterapkan secara sukarela bersifat lebih efektif dibandingkan dengan nilai yang dipaksakan. Dengan menyimak dongeng yang Bunda bacakan, buah hati dapat berpikir secara mandiri dalam memutuskan mana perilaku yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Hebat bukan, Bun?

Selain itu, mendongeng bagus untuk membangun ikatan emosional. Tahukah Bunda, bahwa momen di mana Bunda membacakan dongeng untuk anak dapat menjadi hal yang terus diingat buah hati hingga ia dewasa nanti?

Fragmen-fragmen kenangan inilah yang membuat hubungan Bunda dengan si kecil semakin dekat, tanpa peduli seberapa dewasa ia kelak. Istilahnya menciptakan bonding atau ikatan yang kuat ibu dan anak.

Selain itu, emosi dan afeksi yang Bunda berikan setiap kali mengajak si kecil menyelami dunia khayalan akan turut membentuk kepribadian anak sehingga ia akan tumbuh menjadi pribadi penyayang. Jadi, jangan malas baca dongeng untuk anak.

Anda mungkin bertanya-tanya tentang manfaat membaca bagi bayi Anda. Seorang bayi tidak akan mengerti semua yang Anda lakukan tetapi Anda juga tidak harus me­nung­gu sampai bayi Anda memaha­mi semua yang Anda katakan.

Membaca dengan keras untuk bayi merupakan kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan manfaat mengajarkan bayi tentang komuni­kasi, memperkenal­kan konsep-konsep seperti angka, huruf, warna, dan bentuk dalam cara yang menyenangkan, membangun mende­ngarkan, memori, dan kemampuan kosakata, memberikan informasi tentang bayi dunia di sekitar mereka.

Percaya atau tidak, pada usia bayi satu tahun pertama, yang dipelajarinya adalah apa yang mereka dengar terlebih dahulu. Semakin banyak cerita yang Anda bacakan, semakin banyak kemampuan kosakata yang dimiliki anak Anda dan semakin baik untuk berbicara. Mendengar kata-kata membantu untuk membangun jaringan di dalam otak bayi.

Anak-anak yang orang tuanya sering berbicara/membaca mereka tahu lebih banyak kata pada usia 2 tahun dibandingkan dengan anak lainnya. Anak-anak yang telah diberikan bacaan sebelumnya akan memungkinkan untuk belajar membaca pada saat yang tepat. Ketika bayi Anda mendengar Anda menggunakan banyak emosi yang berbeda dan suara ekspresif, yang dapat membantu perkembangan sosial dan emosional.

Membaca juga mengajak bayi Anda untuk melihat, sentuhan, dan menjawab pertanyaan yang semua­nya meningkatkan kepekaan sosial dan keterampilan berpikir.

Kemam­puan bayi Anda akan meningkat dengan menirukan suara, mengenali gambar, dan kata-kata belajar. Tapi mungkin alasan yang paling penting untuk membaca dengan keras adalah dapat meningkatkan hubungan antara Anda dan bayi.

Menghabiskan waktu membaca untuk bayi Anda menunjukkan bahwa membaca adalah keterampilan untuk memberikan pelajaran berharga.(net)

(net)

Baca Juga