Beranda Olahraga Arena

Fisik Atlet Masih Rendah

PENGECEKAN: Tim tes parameter mengukur lingkar perut salah stu atlet yang akan turun di Porda 2018.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Kualitas fisik atlet Kabupaten Bogor yang akan bertanding di Porda XIII Jawa Barat 2018 masih rendah. Dari hasil tes parameter yang diikuti 583 atlet, 80 persen di antaranya masuk kategori cukup.

Ini menandakan jika kualitas fisik atlet harus ditingkatkan. ”Penilaian tes parameter ini mencakup kurang, cukup, baik, dan sangat baik,” kata Ketua Kontingen Porda Kabupaten Bogor Didi Kurnia kepada Radar Bogor usai membagikan hasil penilaian tes parameter di sekretariatan KONI, kemarin (10/4) sore.

Dari hasil ini, ia meminta kepada semua cabang olahraga (cabor) memperbaiki fisik atletnya masing-masing. ”Ada delapan komponen yang digunakan untuk menilai atlet, seperti kekuatan otot dan kecepatan,” ujarnya.

Ia berharap, pada tes para­meter kedua nanti kualitas fisik atlet bisa diperbaiki. Mengingat dengan kategori cukup, target meraih juara umum dipastikan tidak akan tercapai. ”Sangat berat,” imbuhnya.

Bagaimana jika dites kedua penilaian fisik atlet masih sama? ”Kalau hasilnya masih sama ini berarti siaga satu. Kontingen nanti akan menurunkan sport intelegence dan sport medicine untuk mencari tahu penye­babnya, termasuk kekurangan dan kelemahan mereka,” pungkas­nya.(dkw)

Baca Juga