Beranda Politik

Dukung Jokowi, PKB Ingin Join

BERBAGI
DUKUNG: Ketum PKB, Muhaimin Iskandar dalam deklarasi JOIN (Instagram/cakiminow)

JAKARTA–RADAR BOGOR,Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan dukungan kepada Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2019. Namun, mereka berharap cawapresnya adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan tagline Jokowi-Cak Imin (Join).

Dukungan PKB terhadap Jokowi disampaikan Muhaimin saat menerima kunjungan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, kemarin (10/4). Menurut Muhaimin, Hasto datang setelah dirinya meresmikan Join.

”Kebetulan, tadi pagi saya resmikan Join. Nyambung karena Pak Hasto juga mengusung Pak Jokowi,” tutur dia.

Saat menjamu rombongan partai banteng, Muhaimin juga mengenakan baju yang berwarna merah. Penampilan itu pun menjadi perhatian Hasto. ”Tapi, ada satu yang kurang, belum ber-KTA PDIP,” ucap Hasto, disambut tawa semua yang hadir.

Muhaimin menegaskan bahwa partainya akan mengusung Jokowi-Cak Imin. Apakah posisi cawapres merupakan syarat PKB mendukung Jokowi? Dia menyatakan bahwa itu bukan syarat. ”

Memang itu yang diusung PKB. Bukan syarat, ya,” ucap wakil ketua MPR tersebut saat menjawab pertanyaan wartawan soal keseriusan partainya mengusung mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Bagaimana jika Jokowi tidak menerima tawaran itu? Apakah PKB akan beralih ke poros lain? Muhaimin dengan tegas menyatakan bahwa dirinya yakin Jokowi bersedia menerima tawaran partainya yang telah mendeklarasikan Join.

Hasto mengatakan, peresmian posko pemenangan Jokowi oleh PKB merupakan langkah positif. Terkait dengan langkah selanjutnya, menurut dia, tentu Jokowi akan berbicara dengan Muhaimin sebagai ketua umum PKB. Namun, dia belum tahu kapan pertemuan tersebut dilaksanakan.

Terkait dengan keinginan PKB agar Muhaimin diajukan sebagai cawapres, Hasto menegaskan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan memutuskan. ”Tentu saja melalui dialog bersama,” ungkap pria kelahiran Jogjakarta itu.(lum/c11/oni)

Komentar Anda