25 radar bogor

The War Has Begun!

ARGENTINA–RADAR BOGOR,Putaran kedua MotoGP 2018 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin (9/4) dinihari, penuh drama dan rider Repsol Honda Marc Marquez menjadi sorotan.

Cuaca tak menentu membuat suasana semakin galau. Lihat saja, Jack Miller memulai sesi balap dengan posisi start unik di mana hanya dirinya sendiri berada di posisi pole.

Sementara pembalap lainnya harus terpisah empat baris di belakang. Ini disebabkan Miller bertahan di saat semua pembalap masuk pit untuk ganti ban karena informasi cuaca.

Sekira 19 detik jelang bendera start dikibarkan, Marc Marquez sontak menjadi sorotan mata para pembalap, karena ia tiba-tiba mendorong motornya ke depan lantaran mati mendadak dan diinstruksikan start dari pitlane tapi ia menolak.

Sesaat deretan motor pembalap gaek MotoGP melesat, Marquez terlihat sangat kencang menyusul posisi Miller yang ada di depan hingga pimpinan balapan pun sukses diambil alih.

Sayangnya, enam lap berselang Marquez harus menerima sanksi penalti ride through sehingga mengharuskannya masuk pit sebelum kembali lagi ke lintasan. Muasalnya karena pembangkangannya saat di start tadi.

Belum selesai di sini, kegilaan Marquez semakin menjadi setelah kembali ke trek. Posisi yang otomatis melorot hingga juru kunci, membuatnya harus menggeber Honda RC213V tanpa ampun.

Alhasil, gaya membalap Marquez langsung terlihat urakan sekaligus membahayakan lawan-lawannya. Mengejar dari posisi buntut, Marquez kerap melakukan manuver berbahaya, tercatat empat orang pembalap yang dibuatnya jengkel.

Seperti Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli dan Aleix Espargaro yang hampir terjatuh karena manuver Baby Alien yang sempat menyenggol ban belakang Espargaro.

Puncaknya adalah ketika Marquez mulai mendekati Valentino Rossi yang berada di posisi keenam pada lima lap terakhir. Marquez yang mencoba menyalip Rossi dari sisi dalam di tikungan 13, justru melebar sehingga mendorong Rossi keluar dari trek.

Padahal disebutkan, Rossi saat itu berada di racing line sehingga sangat rapat. Namun kegilaan Marquez menimbulkan tabrakan pada keduanya.

Alhasil, Rossi terdorong ke luar dan terjatuh. Sontak pembalap utama Movistar Yamaha itu kesal juga marah dengan menoleh ke arah Marquez sambil mengangkat kedua tangan.(mg8/jpnn)