Beranda Pendidikan

SMA Dwiwarna Berbagi di Nirmala

BERBAGI
PEDULI LINGKUNGAN: Pelajar SMA Dwiwarna Boarding School saat melakukan kegiatan di Kampung Nirmala, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung.

BOGOR–RADAR BOGOR,SMA Dwiwarna Boar­ding School mengajarkan siswa untuk lebih peduli ter­hadap lingkungan. Salah satunya melalui kegiatan bakti sosial akbar di Kampung Nir­­mala, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabu­paten Bogor.

Kepala SMA Dwiwarna Nugra­­hantoro Yudo me­nga­takan, kegia­tan selama hampir satu minggu dengan tema ”Sepekan Bersama Masya­rakat” itu meru­pakan bagian dari pendidikan sosial siswa untuk lebih peka dengan kon­disi sosial masya­rakat.

”Masyarakat di Kampung Nirmala, Desa Malasari, mem­butuhkan perhatian lebih di segala bidang. Bukan hanya perhatian dari pemerintah saja, tetapi dari kita semua,” ujar Nugrahantoro kepada Radar Bogor.

Wakil Kepala Sekolah SMA Dwiwarna Iwan Usmansyah menambahkan, berbagai kegiatan telah disiapkan untuk bakti sosial mulai dari keaga­maan, pendidikan, sampai kegiatan sosial. ”Kegiatan di bidang sosial antara lain santunan duafa dan yatim, pemberian sembako, sarung, mushaf, sajadah, mu­kena, dan kami juga membawa dokter untuk pengobatan dan cek kesehatan gratis,” jelas Iwan.

SMA Dwiwarna juga bekerja sama dengan tenaga medis dari Malasari. Mereka menjual pakaian baru murah yang keuntungannya digunakan lagi untuk merehab rumah ibadah di Kampung Nirmala.

Sedangkan kegiatan dalam bidang pendidikan, lanjut Iwan, SMA Dwiwarna memberi bantuan berupa buku tulis, buku bacaan anak, hingga alat peraga belajar Paud.

”Yang paling besar adalah rehab kamar mandi SDN 03 Malasari dan memperbaiki parit lapangan upacara. Kami membawa material bangunan dan pengerjaannya bersama pihak sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, di bidang keagamaan, kata Iwan, digelar Isra Mikraj yang diisi Ustaz Fakhrurrazi, salah satu guru Dwiwarna. Yang paling berkesan menurut Iwan adalah kegiatan kemping bersama sekaligus tadabur alam dan renungan malam.

Ada 46 siswa Dwiwarna yang jadi panitia dari mulai OSIS, Rohis, PMR, Paskibra, serta beberapa dewan guru yang saling berbagi cerita keakraban di malam itu.

”Semoga bakti sosial ini bisa terus kami tingkatkan lebih baik lagi. Kami ingin bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.(cr3/c)

Komentar Anda

Baca Juga