Beranda Pendidikan

Cinta Pelajaran Biologi sejak SMP

BERBAGI
BANGGA: Siswa SMAIT Ummul Quro Bistamy Muhammad Nursabur (kedua dari kiri) saat mendapatkan juara di ajang National Medical and General Biology Competition, beberapa waktu lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR,Kecintaan Bistamy Muhammad Nursabur terhadap mata pelajaran biologi, membuatnya mendapat banyak piala dan penghargaan. Siswa SMA IT Ummul Quro itu pun terus meningkatkan pengetahuannya di bidang biologi dan aktif mengikuti beragam lomba.

Bistamy juga mulai menyukai dan mengikuti lomba mata pelajaran biologi sejak duduk di bangku SMP, diawali karena keisengannya.

Pertama kali ia mengikuti seleksi untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan memilih mata pelajaran biologi. Sebab, menurutnya, tidak banyak siswa yang akan memilih mata pelajaran tersebut. ”Sampai sekarang jadi beneran suka dan senang ikut lomba-lomba biologi,” katanya.

Baru-baru ini, Bistamy bahkan meraih juara 2 dalam ajang nasional yang digelar Bintang Pelajar pada 24 Februari lalu dan juara 2 ajang National Medical and General Biology Competition (NMGBC) yang diadakan Asian Medical Students Association (AMSA) Universitas Indonesia pada 10-11 Maret.

Bistamy mengaku, keikutsertaannya di banyak lomba sebenarnya tidak menargetkan juara. Menurutnya, menjadi juara adalah bonus dari kerja keras. Tujuan utamanya adalah mengasah sekaligus mengukur kemampuan. ”Kalau juara, jadinya bisa mengharumkan nama sekolah dan membanggakan orang tua,” katanya.

Siswa kelas 11 tersebut mengatakan, selain itu, dari lomba dirinya juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang berbeda di setiap lomba yang ia ikuti. Seperti di lomba NMGBC, dia bersaing dengan 200 peserta untuk maju di babak penyisihan. ”Saat semifinal ke final aku malah dapat peringkat 4, itu pun sudah senang, karena lawannya 60 peserta,” katanya.

Untuk persiapan lomba, ia mengaku sering belajar sendiri dengan memanfaatkan waktu luang. ”Biasanya belajar saat istirahat sekolah, atau pas lagi jam pelajaran di sekolah tapi saat tugasku sudah selesai. Apalagi saat di rumah dan lebih intensif pada saat libur, aku sering membaca buku,” bebernya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga