Beranda Berita Utama

Jaringan UNBK Bermasalah

BERBAGI
headline, unbk

BOGOR–RADAR BOGOR, Senin pekan lalu (2/4) siswa SMK mengawali ujian nasional (UN). Hari ini (9/4), giliran siswa di SMA dan MA mulai mengerjakan evaluasi rutin tahunan itu. Seiring semakin banyaknya sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer (UNBK), beberapa kalangan memprediksi kendala teknisnya juga berpotensi naik.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) sudah membuka posko pemantauan UN 2018 sejak jenjang SMK lalu. ’’Diprediksi SMA akan berpotensi mengalami kendala teknis UNBK. Mengingat jumlah peserta dan sekolahnya lebih banyak dibandingkan SMK,’’ kata Sekjen FSGI Heru Purnomo, kemarin (8/4).

Sebagaimana diketahui jumlah peserta UNBK jenjang SMK tahun ini sekitar 1,4 juta siswa di 12.498 unit sekolah. Sedangkan untuk jenjang SMA dan MA, jumlah peserta UNBK-nya mencapai 1,7 juta siswa di 18.348 unit sekolah. Sementara nanti di jenjang SMP/MTs, jumlah peserta UNBK ada 2,6 juta siswa di 28.622 unit sekolah.

Lebih lanjut Heru mengatakan, jaringan FSGI memantau persiapan UNBK SMA di Jakarta, Jawa Tengah, NTB, dan Bengkulu. Secara umum, dia mengatakan persiapan UNBK sudah berjalan baik…Selanjutnya Baca Epaper Radar Bogor Hari Ini

Komentar Anda

Baca Juga