Beranda Pendidikan

Guru Harus Kuasai Teknologi

BERBAGI
DIKUKUHKAN: PB PGRI usai pengukuhan APKS PGRI dan Seminar Nasional Peningkatan Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0.

BOGOR-RADAR BOGOR, Menjadi guru profe­sional di era yang kian kom­petitif saat ini merupakan hal yang penting. Menjawab tanta­ngan dan kebutuhan tersebut, PGRI membentuk Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) yang kepengu­rusannya dikukuh­kan bersa­maan dengan Seminar Na­sional, Sabtu (7/4) lalu.

Seminar bertemakan “Peran APKS dalam Peningkatan Profe­sionalisme Guru di era Revolusi Industri 4.0” tersebut dibuka Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI Unifah Rosyidi.

Pada kegiatan tersebut, Ketua Ikatan Guru Penulis (IGP) PGRI Kabupaten Bogor, Catur Nurrahman, mengatakan dirinya mendapat pelajaran bahwa guru harus terus-menerus mengembangkan diri, siap belajar untuk meng­hadirkan atau memberikan pembelajaran di kelas yang berkualitas.

Terkait hal tersebut, Catur mengaku mendapatkan penjelasan dari Unifah bahwa PGRI membentuk APKS yang merupakan organisasi dari guru, oleh guru dan untuk guru sebagai wadah untuk mening­katkan profesionalis­menya. PGRI pun siap memfasilitasi APKS untuk melaksa­nakan program programnya.

“PGRI telah memiliki Smart Learning Center sebagai perwujudan Kepedulian PGRI terhadap kemajuan zaman,” tambah Catur mengutip materi dari Unifah.

Sementara itu, acara pengu­kuhan pengurus APKS dilaku­kan langsung oleh Ketua Umum PB PGRI. Mereka di antaranya, Asosiasi Guru Kelas, Asosiasi Guru TIK (Teknologi, Informasi, dan Komputer), Asosiasi Guru Penulis, Asosiasi Guru Olahraga, dan Asosiasi Guru Bahasa Asing.

Setelah secara resmi dikukuh­kan, Catur sebagai Ketua IGP PGRI Kabupaten Bogor berha­rap para pengurus segera bekerja melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan profesio­nalisme guru.

Usai pengukuhan acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional menghadirkan nara­sumber, antara lain dari Dirjen GTK Kemendikbud, Prof Agus Suradika, Prof Eko Indrajit, dan Indra Charismiaji.

Catur menyampaikan, materi seminar yang disampaikan para penyaji, antara lain tentang pentingnya penguasaan guru terhadap computating skill karena era revolusi industri 4.0. Salah satu tugas guru adalah menyiapkan peserta didik agar mampu menjawab tantangan tersebut.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga