Beranda Politik

Sugeng: Generasi Muda Harus Mengenal Sejarah

NAPAK TILAS: Calon wakil wali kota Bogor Sugeng Teguh Santoso menjajaki situs budaya Bogor di Bogor Selatan, kemarin (6/4).

BOGOR–RADAR BOGOR, Di sela-sela kampanyenya di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, calon wakil wali kota Bogor Sugeng Teguh Santoso menyempatkan diri melakukan napak tilas beberapa situs budaya, kemarin (6/4).

Kampanye tematik itu dilakukan mengingat minimnya generasi muda saat ini yang peduli terhadap sejarah. Sugeng bahkan berkomitmen mendorong kaum milenial ini untuk mencintai akar budaya.

Adapun tempat yang pertama dikunjunginya yakni makam Embah Dalem di Jalan Lawang Gintung, Kelurahan Batu Tulis. Di sana, ia sempat bertemu dengan salah satu penunggu makam keramat tersebut.

Perjalanan pria yang berprofesi sebagai advokat tersebut dilanjutkan menuju Prasasti Batutulis dan terakhir perjalanan terhenti di Situs Batu Congkrang yang terletak persis di pinggir Jalan Batutulis.

”Saat ini, perdebatan kultur budaya luar dan timur sedang terjadi, kita kerap lupa dengan budaya sendiri. Akhirnya terjadi pengotak-kotakkan, kita harus kembali ke akar budaya, anak-anak ini yang akan didorong,” urai Sugeng.

Tidak hanya datang ke tempat-tempat bersejarah, generasi muda juga dituntut menggali asal-usulnya, termasuk penyebaran agama Islam. Menurutnya, generasi muda saat ini harus dapat menghargai sejarah leluhur tentang asal-usul Bogor.

Selain itu, mereka juga dapat menerapkan prinsip-prinsip nilai yang dibangun tokoh terdahulu dan para penyebar agama Islam. ”Saling asih, asah dan asuh, sangat penting di situasi saat ini,” bebernya.

Hal yang tak kalah penting, menurut calon nomor urut 4 tersebut adalah perhatian pemerintah terhadap tempat bersejarah. Sebab, ini bisa menjadi potensi wisata sejarah yang luar biasa. Tinggal, bagaimana pemerintah mengelolanya.(ded)

Baca Juga