Beranda Female

Rahasia Perawatan Kuku di Rumah, Tampil Sehat Tanpa Jamur

BERBAGI
ilustrasi, net

Perawatan tubuh baiknya dilakukan dari ujung rambut hingga kuku. Yup, bicara kuku, bagian transparan pada ujung jari ini terkadang dilupakan atau tidak dirawat. Padahal, kuku bisa menunjukkan karakter seseorang cinta kebersihan atau tidak.

Sering kali, karena perawatan yang tidak tepat, kuku jadi rapuh atau mudah patah. Bisa juga disebabkan paparan bahan kimia dan air ternyata juga bisa menyebabkan kuku jadi rapuh. Bahkan, karena kelalaian kuku pun berjamur.

Dilansir dari Healthy Guide, Rabu (4/4), terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat kuku makin kuat dan sehat yang bisa dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa bahan perawatan yang bisa digunakan:

1. Teh Hijau
Menurut sebuah studi tentang penggunaan teh hijau untuk pertumbuhan kuku, antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu mencegah kuku yang lemah dan memperkuatnya. Caranya buat secangkir teh hijau dan biarkan dingin. Rendam kuku dalam teh hijau selama 10-15 menit. Ulangi proses ini dua kali seminggu.

2. Minyak Vitamin E
Sifat pelembap yang ditemukan dalam minyak vitamin E dapat membantu menjaga semua kuku terhidrasi. Terapkan minyak ini pada semua kuku dan kemudian pijat perlahan selama beberapa menit. Ulangi proses ini setiap hari sebelum tidur selama beberapa minggu.

3. Minyak Zaitun
Menurut penelitian tentang minyak zaitun untuk kuku dan kutikula yang sehat, minyak zaitun dikenal sebagai obat rumah yang baik untuk kuku yang lemah. Ini karena minyak zaitun dapat membantu memperbaiki kerusakan dan melembutkan kuku. Tentunya, menghasilkan kuku yang kuat dan sehat.

Dengan lembut pijat kuku dengan minyak zaitun dan kemudian tutupi bagian bawah serta atas kuku. Lepaskan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi obat rumahan ini 2-3 kali sehat.

4. Tea Tree Oil
Minyak pohon teh adalah cara lain untuk membuat kuku lebih kuat. Menurut sebuah penelitian, properti antiseptik yang ditemukan dalam minyak pohon teh membantu mencegah infeksi jamur yang sering menyebabkan kuku lemah dan rapuh.

Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke semangkuk air hangat. Rendam semua kuku dalam campuran ini selama sekitar 3 menit dan ulangi proses ini beberapa kali.

5. Biji rami
Biji rami juga dapat memperbaiki masalah kuku berkat mikronutrien-nya seperti magnesium, vitamin B, kalium, protein, seng, lesitin, dan asam lemak omega-3.
Oleskan beberapa minyak biji rami pada kuku yang lemah dan kemudian pijat perlahan selama beberapa menit sebelum tidur.

6. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki magnesium, zat besi, kalium dan kalsium yang meningkatkan kesehatan kuku. Juga, sifat asam yang ditemukan dalam cuka sari apel membuatnya menjadi solusi yang baik untuk mengobati jamur kuku.

Campurkan cuka sari apel dengan air. Rendam kuku di dalamnya selama sekitar 5-10 menit. Ulangi sekali sehari selama beberapa minggu. Sebagai tambahan, tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel ke segelas air hangat lalu diminum 2-3 kali sehari.(fid/JPC)

Komentar Anda