Beranda Metropolis

Melihat Tes Kebugaran ASN di Lingkungan Pemkot

DONI/RADAR BOGOR
AJAK BUGAR: Para ASN di lingkungan Pemkot Bogor saat antre pemeriksaan kesehatan di Taman Sempur, kemarin pagi.

Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Kota Bogor menjalani tes kebugaran di Taman Sempur, kemarin (6/4) pagi. Dipimpin Plt Walikota Bogor Usmar Hariman, tes ini merupakan bagian dari kematangan pelaksanaan anggaran dan program 2018.

Usmar menyampaikan, tes kebugaran ini diharapkan menjadi komponen kesiapan ASN dalam mengawal proses pelaksanaan anggaran dan program 2018. Dalam kondisi sehat dan bugar, para ASN dapat memberikan pelayanan maksimal kepada warga Kota Bogor.

“Kegiatan tes kebugaran jasmani seharusnya dilaksanakan di awal-awal bulan setiap tahun. Namun karena banyak kegiatan, baru bisa dilaksanakan sekarang,” cetus Usmar seusai memimpin tes kebugaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menambahkan bahwa kegiatan ini dalam rangka evaluasi tes kebugaran. Di samping itu, ia berharap ASN Kota Bogor sehat jasmani dimbangi sehat cara berpikirnya.

Program ini, lanjut Ade, menjadi salah satu bentuk sinergi antara Badan Kepega­waian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Diharapkan tes kebugaran ini ada dampak positif terhadap kinerja para ASN di lingkungan Pemkot Bogor.

“Ke depan tidak hanya sebatas pejabat yang menjalani tes kebugaran, tetapi terstruktur sampai ke bawah melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) atau kegiatan olah­raga lainnya, seperti senam bareng, jalan pagi bareng sambil menikmati fasilitas yang ada di Kota Bogor,” paparnya.

Di sela rangkaian tes, Kepala Dinkes Kota Bogor Rubaeah menuturkan, tes kebugaran ini dilaksanakan tiga bulan sekali dengan tujuan mengeta­hui kesehatan fisik para pejabat di lingkungan Pemkot Bogor.

Sebelumnya, semua peserta dideteksi dini penyakit tidak menular (PTM) melalui pemeriksaan tes gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan asam urat yang dilanjutkan dengan senam dan lari pagi.

“Untuk tes lari dilakukan sepanjang 1,6 km dengan pengukuran waktu tertentu, tergantung usia peserta. Jadi, ada kriteria dan hasil kebu­garannya bisa dilihat di tabel,” terang Rubaeah.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB pagi ini diawali senam zumba. Mulai dari aparatur di wilayah hingga pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) diharuskan mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebugaran dalam mendukung pelaksanaan tugas melayani masyarakat. Semua peserta tes kebugaran dibagi menjadi tiga gelombang dan diwajibkan berlari mengelilingi jogging track Taman Sempur sebanyak empat setengah putaran.

Bagi yang menyelesaikan lari, Dinkes Kota Bogor sebagai leading sector kegiatan tes kebugaran menyediakan konsumsi dan fasilitas cek kesehatan. Mulai dari cek kadar kolesterol, gula darah, asam urat, tekanan darah hingga konsultasi kesehatan.

Untuk melihat hasil tes kebugaran dapat dilihat di tabel Volume O2 (Oksigen) Maximum (VO2 Max) sesuai dengan jarak yang ditempuh para peserta. (don/c)

Baca Juga