Beranda Politik

Majukan UMKM lewat Program Bogor Berdaya

BERBAGI
SAPA WARGA: Warga Tanahsareal memberikan dukungan kepada calon wali kota Bogor Achmad Ru’yat. Dalam kampanyenya Ru’yat akan memajukan UMKM Kota Bogor dengan program Bogor Berdaya.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kedatangan calon wali kota Bogor nomor urut 1, Achmad Ru’yat, di rumah salah satu tokoh masyarakat wilayah Kecamatan Tanah­sareal, Sukardi, disambut antu­sias warga, kemarin. Sesam­painya di sana, warga tanpa canggung bercengkerama dengan Ru’yat.

Hal itu karena warga telah mengetahui sosok Ru’yat yang dikenal ramah.

Usai memaparkan program serta visi dan misi dari pasa­ngan yang akrab disapa RZ ini, warga mendapatkan kesem­patan untuk menyam­paikan aspirasinya.

Mulai dari perbaikan bangunan posyandu, dana revit posyandu hingga pem­ber­dayaan mas­yara­kat. “Begini Pak, di sini ada pos­yandu, tetapi jika ada keru­sakan bangu­nan tidak men­da­patkan dana, bah­kan untuk perbai­kan juga menggunakan dana swadaya dari warga. Jadi, kami berha­rap setelah bapak terpilih, bisa mem­perhatikan posyandu yang berada di sini,” kata Sri Mihayati salah satu warga.

Senada dengan Sri, Dodo berharap adanya pemberda­yaan untuk warga, terutama kaum ibu-ibu. Seperti pelatihan menjahit ataupun membuat makanan. Sehingga bisa menjadi peluang usaha untuk mening­katkan pere­konomian warga.

“Jadi, ibu-ibu tidak hanya mengan­dalkan dari suaminya, tetapi bisa membuat usaha dan peng­hasilan sendiri,” harapnya.

Menanggapi keluhan terse­but, Ru’yat mengatakan, terkait posyandu memang menjadi perhatian khusus. Pasangan RZ telah memiliki program untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Nanti saat pasangan RZ terpilih, kami akan berikan perhatian khusus untuk posyandu dan kadernya, seperti adanya dana perbaikan dan dana revit sebesar Rp1 juta per posyandu,” jelas pasa­ngan Zaenul Mutaqin ini.

Tak hanya itu, politisi PKS itu juga telah menyiapkan program khusus untuk UMKM. Yakni, program Bogor Berdaya yang ditopang dengan program Bogor Digital.

“Jika dikola­borasikan de­ngan prog­ram Bogor Digital, jadi hasil karya atau produk-produk UMKM disalurkan melalui Bogor Digital ter­masuk pema­sa­rannya. Insyaallah dengan program tersebut, UMKM dan pember­dayaan masya­rakat bisa terus berkembang dan tambah maju,” pung­kasnya.(gal/c)

Komentar Anda