Beranda Metropolis

Harga Sembako Mulai Naik

BERBAGI

BOGOR–RADAR BOGOR, Ramadan masih sekitar satu setengah bulan, tetapi harga beberapa kebutuhan bahan pokok di pasaran sudah mengalami kenaikan. “Ada beberapa kebutuhan pokok yang sudah naik sejak awal April,” ucap salah satu pedagang di Pasar Bogor, Usmah.

Seperti harga daging ayam broiler, saat ini naik menjadi Rp37 ribu/kg. Daging ayam kampung dibanderol Rp75 ribu. Cabai merah keriting menjadi Rp50 ribu/kg, kemudian rawit merah Rp52 ribu/kg dan rawit hijau Rp31 ribu/kg.

Pemilik toko sembako di kawasan Kebonpedes, Ucok mengatakan, harga beberapa kebutuhan pokok memang naik, tapi ada juga yang stabil. ”Telur ayam, cabai, dan daging memang naik. Tapi minyak goreng masih stabil kok,” ungkapnya.

Ia memperkirakan, harga terus merangkak naik mendekati puasa. Pergerakan harga bahan pokok ini juga terpantau Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor.

Kabid Sarana dan Komoditi Disperindag Kota Bogor, Ade Tedy menjelaskan bahwa sejak awal April lalu, memang ada beberapa harga kebutuhan pokok yang naik, tapi juga ada yang turun.

Dari data yang ia miliki, ada sembilan kebutuhan pokok yang mengalami peningkatan harga di tujuh pasar di Kota Bogor. Yaitu daging ayam broiler naik 3,4 persen menjadi Rp37 ribu, daging ayam kampung naik 16,6 persen menjadi Rp75 ribu, telur ayam kampung naik Rp3 ribu/kg atau 16,2 persen, cabai merah keriting naik 10,9 persen menjadi Rp50 ribu/kg, rawit hijau naik 10,8 persen Rp31 ribu, cabai merah biasa menjadi Rp48 ribu, tomat sayur Rp8 ribu/kg, dan ikan kembung Rp40 ribu.

“Ada juga malah yang turun harga, misalnya saja beras IR 64 jadi Rp9.600/liter, gula pasir dalam maupun luar negeri, minyak goreng, telur ayam broiler, garam halus, kacang kedelai,” bebernya kepada Radar Bogor.

Tapi, lanjut Tedy, ada juga beberapa kebutuhan pokok yang harganya masih stabil di pasaran saat ini. Yaitu daging sapi murni seharga Rp120 ribu, mi instan, dan ikan asin. “Jadi memang rata-rata yang naik benar-benar kebutuhan sehari-hari. Sisanya ada yang turun dan stabil hingga awal April saat ini,” tutup Tedy.(ran/c)

Baca Juga