Beranda Berita Utama

Tol Lintasi Dramaga

BERBAGI
BELUM BISA DILALUI: Pekerja dari PT Wika menyelesaikan pemasangan pembatas tol (parapet) di tol BORR seksi IIB, kemarin (2/4).

BOGOR–RADAR BOGOR, Kemacetan di jalur Dramaga akan berkurang. Sebab, proyek tol segera direa­­lisasikan. Hal itu, setelah Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani nota kesepahaman atau MoU (memorandum of understanding) dengan PT Waskita Karya Realty.

Fokus kerja sama ini adalah bidang pen­didikan, penelitian, dan pengabdian masya­rakat yang terintegrasi pengembangan kampus. Rektor IPB Arif Satria mengatakan, MoU berkaitan dengan rencana pengembangan pembangunan di sekitar kampus.

“Semoga kerja sama ini dapat mengoptimalkan aset-aset IPB di dalam dan luar kampus yang memiliki nilai tambah, untuk kemajuan dan kemakmuran,” katanya di gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Bogor, pekan lalu.

Kerja sama ini, kata dia, dilakukan dalam rangka sinergi yang saling menguntungkan guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas sumber daya yang dimiliki. Tentu, tetap berpegang pada prinsip bisnis yang sehat dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Selain rencana pembangunan di sekitar kampus, kerja sama ini juga akan dilanjutkan dengan membuka akses terobosan jalan tol langsung ke IPB,” katanya dikutip dari ipb.ac.id. Sehingga, orang yang ingin berkunjung ke kampus IPB Dramaga tidak terkena macet.

Selama ini, waktu tempuh lebih dari satu jam. “Dengan adanya pengembangan jalan tol harapannya bisa lebih lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Waskita Karya Realty, Tukijo mengatakan, MoU ini dilaksana­kan dengan niatan baik bersama untuk melakukan sinergi dalam mengoptimalisasikan aset-aset IPB yang ada sekarang ini.

“Harapannya, kerja sama ini terus terjalin dengan baik serta IPB terus maju dan berkembang ke arah lebih baik,” imbuhnya.

Rencana pembangunan jalan tol yang mengarah ke kampus IPB Dramaga diakui PT Marga Sarana Jabar (MSJ). “Itu (proyek jalan tol ke Dramaga) lanjutan dari tol BORR yang ada sekarang. Tapi, itu merupakan langkah yang masih panjang,” beber Humas PT MSJ, Ferry Siregar pada Radar Bogor.

Menurut Ferry, proyek tol hingga ke Dramaga dipastikan bakal dimulai setelah BORR seksi IIIA dan B selesai. Dari Salabenda, sambungan tol akan dilanjutkan lansung menuju arah Dramaga. “Hak-nya belum ada di kita, masih di Kementerian PUPR,” tambahnya.(dka/c)

Komentar Anda