Beranda Ekonomi

Prioritaskan Bisnis Berbasis Digital, BNI Syariah Siapkan Rp70 Miliar untuk Belanja IT

BERBAGI
PELAYANAN: Salah satu pelayanan di Kantor BNI Syariah. Bisnis berbasis digital menjadi salah satu prioritas BNI Syariah saat ini.

BOGOR–RADAR BOGOR, Teknologi yang te­rus berkembang saat ini mem­­buat sektor perbankan mu­­lai mem­prioritaskan pengem­bangan bisnis berbasis digital.

Seperti yang dilakukan BNI Syariah. Bisnis berbasis digital menjadi salah satu priori­tas perusahaan yang diwujudkan dengan pembentukan unit khusus di bidang information technology (IT). Karena dengan sistem IT yang canggih dan aman, akan memberikan la­yanan sempurna kepada nasabah.

Nah, tahun ini BNI Syariah berencana membangun pusat data, perangkat keamanan, dan aplikasi digital. Untuk belanja modal teknologi itu korporate menyiapkan ang­garan sebesar Rp70 miliar.

“Kami akan berusaha ting­kat­kan layanan dengan melihat perubahan keinginan dari nasabah, salah satunya melalui pengembangan IT ini, ang­garannya Rp70 miliar,” terang Direktur Bisnis BNI Syariah, Dhias Widhiyati saat dikonfir­masi Radar Bogor, kemarin.

Dijelaskannya, pengem­ba­ngan bisnis berbasis digital me­mang menjadi prioritas perusahaan, khususnya untuk penggunaan teknologi pem­bayaran berbasis QR code, yakni aplikasi YAP! (Your All Payment). Dengan aplikasi ini, masyara­kat dapat melakukan pembaya­ran belanja ritel, pembayaran zakat, infak, sedekah dan wa­kaf dengan mudah.

YAP! juga bagian dari literasi keuangan yang mendukung program pemerintah bertran­saksi menggunakan uang non­tunai. YAP! ini sebagai salah sa­tu alat pembayaran untuk tran­saksi nontunai (cashless) tanpa perlu menunjukkan kartu debit/kreditnya (cardless).

Salah satu pembayaran sah yang memiliki sumber pemba­yaran yang beragam. Tidak seperti aplikasi pembayaran dengan smartphone mengan­dalkan uang elektronik sebagai sumber dananya. “YAP! itu kalau transaksi bisa tiga cara dan menjadi aplikasi pertama yang menggunakan tiga sumber dana,” terangnya.

Yaitu kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik BNI (Unik­Qu) sesuai pilihan peng­guna saat bertransaksi. Dengan de­mikian, semua pengguna smart­phone dapat dengan mudah meng­gunakan YAP! dengan sumber dana uang elektronik UnikQu.

Sedangkan pengguna yang sudah menjadi nasabah BNI dapat menambahkan semua kartu debit dan kartu kreditnya sebagai sumber dananya. YAP! dengan berbagai kemudahannya merupakan pengganti peran mesin electronic data capture (EDC) yang dapat memenuhi kebutuhan pedagang dari berbagai macam segmen.

Mulai pedagang kecil, UMKM, retail, toko jaringan (chain store), toko modern (premium), dan toko online (e-commerce). Keung­gulan YAP! lainnya adalah ke­nyamanan peng­gunaan aplikasi dengan sistem keamanan yang andal, dengan dua tingkat ke­ama­­nan pada saat login aplikasi meng­guna­kan password dan bertran­saksi menggunakan personal iden­tification number (PIN) sesuai sumber dana yang digunakan (kartu kredit BNI, kartu debit BNI, atau Unikqu). (mer/b)

Baca Juga