Beranda Politik

Ajak Warga Punguti Sampah

BERBAGI
PUNGUT SAMPAH: Calon wali kota dan wakil wali kota Bogor Bima Arya-Dedie A Rachim mengajak warga Kelurahan Genteng tidak membuang sampah sembarangan. Itu bisa dimulai dengan adanya tong sampah di lingkungan.

BOGOR–RADAR BOGOR, Produksi sampah di Kota Bogor saat ini mencapai 700 ton per hari. Berbagai upa­ya pun dilakukan pemerintah agar dapat menguranginya. Mu­lai dari pengadaan TPS 3R hingga bank sampah di setiap wilayah.

Selain itu, kebiasaan buruk mem­buang sampah semba­ra­ngan juga masih banyak dite­mukan. Alasan warga bera­gam, namun mayoritas menga­ku karena tidak adanya tempat pem­buangan sampah di daerahnya.

Oleh karena itu, dalam gerilya kemarin (4/4), pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bogor Bima Arya–Dedie A Rachim mem­bagikan tujuh unit tong sampah kepada warga di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan.

”Jadi, tidak ada lagi alasan war­ga tidak membuang sampah pada tempatnya. Semoga ini bisa bermanfaat. Ini hanya sim­bolis. Intinya mimpi kita sama, yaitu sama-sama ingin mewujudkan Kota Bogor yang bersih dan nyaman,” ujar Bima kepada warga di lokasi.

Dalam kesempatan itu, Bima-Dedie tak sekadar menyerahkan tong. Keduanya juga kompak menggotong satu tong sampah kosong dan mengajak warga berpartisipasi aktif dengan memungut sampah lalu mebuangnya ke dalam tong yang sudah disediakan.

”Karena persoalan sampah ini cukup serius, maka strategi utamanya adalah mengolah sampah dari hulu ke hilir. Khsususnya sampah rumah tangga. Saya dilantik 2014, bank sampah saat itu masih di bawah 10 unit. Alhamdulillah sekarang di atas 200 unit. Jadi kami paksa warga untuk mengelola sampah mulai dari hulu. Memilah dan menghidup­kan bank sampah di seluruh Kota Bogor,” kata Bima sambil mengangkat tong sampah.

Seperti diketahui, pasangan Bima-Dedie juga konsen terhadap masalah lingkungan. Belum lama ini, keduanya mengadakan kegiatan bebersih Sungai Ciliwung dengan menyu­suri aliran air menggu­nakan perahu keret. Di lokasi itu, tak lupa Bima-Dedie ber­pesan kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai.(gal/c)

Komentar Anda