Beranda Female

Tiap Ranting Punya Ciri Khas

BERBAGI
BERKUALITAS: Sebagian produk karya anggota IWAPI yang dikemas modern dan tak kalah dengan produk pabrikan besar umumnya.

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) cabang Kota Bogor saat ini memiliki anggota yang cukup besar. Kisaran 300 anggota dan tersebar di enam ranting, yakni Kecamatan Bogor Utara, Bogor Tengah, Bogor Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, dan Tanah Sareal.

Sekretaris IWAPI Kota Bogor Dewi Rosilawati mengatakan, tiap ranting atau kecamatan memiliki kepengurusan yang juga melakukan berbagai kegiatan. Kegiatannya juga tidak hanya dilakukan di sekretariat cabang, melainkan di masing-masing ranting.

WKU Pariwisata, Ekonomi, dan Humas IWAPI cabang Kota Bogor, Irna Kusumawati menuturkan, usaha yang dijalankan anggota di tiap ranting atau kecamatan sangat beragam. Mulai kuliner, craft, agrobisnis, jasa, fashion, dan masih ada beberapa jenis bisnis lainnya. Menurut Irna, semua ranting tersebut memiliki ciri khas.

Meski anggotanya di Bogor Barat ada yang berbisnis kuliner, tapi mayoritas anggota itu juga menjalankan usaha craft. ”Identitas ranting itu ada. Kayak Bogor Barat, itu banyak craft-nya,” tutur Irna.

Dari ranting lain, seperti Tanah Sareal, lebih dikenal agrobisnis yakni pertanian dan perkebunan. Baik produk pertanian langsung maupun hasil pengolahan produk pertanian tersebut. Sedangkan Bogor Timur mayoritas anggotanya bergerak di bidang jasa.

Sementara, di Bogor Utara, bisnis kuliner baik itu katering maupun rumah makan. Ada juga beberapa anggota memiliki bisnis hotel sekaligus restoran.

Di Bogor Selatan, lebih kepada kecantikan, baik itu salon maupun tata rias. Dan untuk ranting Bogor Tengah mayoritas kuliner dan fashion.(mer/c)

Komentar Anda