Beranda Olahraga Kickers

Preview Barcelona vs AS Roma: Kami Tidak Takut!

Barcelona vs AS Roma

CATALAN–RADAR BOGOR,Barcelona akan kembali menjalani duel sengitnya di perempat final Liga Champions 2017/18. Raksasa La Liga ini akan menjamu AS Roma di Camp Nou, Kamis (5/4) dini hari WIB. Laga ini dipasti­kan akan berlagsung seru dan panas.

Kedua tim memang memiliki catatan yang tidak terlalu buruk. Barcelona maupun Roma, sama-sama me­raih hasil imbang di pertan­dingan terkahir mereka. La Blaugrana ditahan imbang Sevilla 2-2 di La Liga, semen­tara AS Roma bermain imbang 1-1 atas Bologna di Serie A.

Barcelona sendiri lolos ke babak perem­pat final setelah mengelahkan juara Premier League, Chelsea di babak 16 besar Liga Champions. Kemenangan Barcelona ini tidak terlepas dari peran Lionel Messi. Messi sukses mencetak satu gol di leg pertama meski laga berakhir imbang 1-1.

Di leg kedua, Messi kembali menjadi pahlawan. Pemain timnas Argentina ini mencetak dua gol dan membantu raksasa Catalan melajuke perempat final setelah unggul agregat 3-1. Tidak hanya di Liga Cham­pions, Barcelona juga masih kokoh di puncak klase­men La Liga berkat comeback yang mengge­tarkan saat menghadapi Sevilla.

Barcelona unggul 9 poin dari Atletico Madrid yang bertengger di posisi runner up. Lagi-lagi, Messi menjadi penentu Barcelona lolos dari kekalahan saat menghadapi Sevilla. La Pulga sukses mencetak gol di menit 89 dan membuat skor akhir 2-2.

Tak berbeda jauh dengan Barcelona, AS Roma sukses melangkah ke perempat final Liga Champions setelah mena­klukkan Shakhtar Donetsk. Kesuksesan AS Roma melangkah ke perempat final tida lepas dari permainan gemilan Edin Dzeko. Pemain Bosnia itu me­nyum­bangkan golnya sekaligus penentu kemena­ngan di leg kedua babak 16 besar.

Di Serie A, AS Roma pun jangan dianggap enteng. Mereka bisa menggeser Inter Milan. AS Roma saat ini bertengger di posisi ketiga dengan 60 poin dan terpaut 18 poin dari pemuncak klasemen Juventus.

Menghadapi raksasa La Liga, sang pelatih Eusebio de Francesco berjanji akan bermain maksimal. Ia mencoba merancang seri Eropa untuk menghadapi semua rintangan. Apalagi, Roma memiliki catatan yang baik, dimana mereka tidak selalu kalah saat bertandang ke Camp Nou.

Kekalahan satu-satunya Roma terjadi di Liga Champions 2015/16. Mereka ditaklukkan Barcelona dengan skor telak 6-1. Namun, pemain bintangya, Radja Nainggolan masih diragukan bisa tampil meski pemain berdarah Indonesia itu ikut terbang ke Spanyol dan ikut dalam latihan.

Sementara, Cengiz Under dipas­tikan tidak akan diturun­­kan karena ma­­sih menjalani penyembuhan akibat cederanya.

Sementara, Barcelona akan mengha­dapi Roma dengan kekuatan penuh. Kem­balinya Sergio dan mon­cernya Messi menjadi daya tambah di lini tengah.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde, menyebut jika Roma bukan tim yang mudah untuk dikalahkan. ”Saya tidak percaya jika orang mengatakan bahwa mereka (Roma) adalah tim yang mudah di perempat final Liga Champions,” kata Ernesto seperti dilansir dari Football Espana.

Menurutnya, Roma memiliki banyak pemain hebat, hingga direktur olahraga yang bagus. Ia pun merujuk pada permainan Roma di Stamford Bridge. ”Mereka mencetak tiga gol dan kami hanya satu gol,” imbuhnya.

Sementara, pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco tidak takut menghadapi Barcelona. Ia pun yakin anak asuhnya bisa menghentikan Messi yang menjadi momok menakutkan bagi setiap tim yang berhadapan dengan Barcelona.

”Saya belum bicara tentang satu pemain secara khusus, kita harus menghentikan semua pemain Barcelona. Mereka punya pemain terbaik di dunia. Kami harus hormati Barcelona, tapi tidak perlu takut pada mereka,” ucapnya.(dkw)

Baca Juga