Beranda Pendidikan

Lestarikan Kesenian Daerah sejak Dini

BERBAGI
MELESTARIKAN BUDAYA: Sejumlah siswa SDN Tarikolot 3 menampilkan tarian daerah. Hal itu dilakukan untuk membentengi diri dari era moderenisasi.

CITEUREUP-RADAR BOGOR,Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK) dijadikan fondasi untuk menyelamatkan seni dan budaya warisan Indonesia dari modernitas zaman. Hal itu ditegaskan Kepala SDN Tarikolot 03 Endang Wikarsa.

Dengan begitu, SDN Tarikolot 3 terus berupaya mengim­plementasikan nilai-nilai budaya dengan menampilkan dan mempraktikkan seni tari dalam mata pelajaran SBK sebagai persiapan ujian praktik bagi kelas VI.

Menurutnya, praktik tersebut bertujuan sebagai benteng melestarikan seni daerah yang belakangan ini sudah mulai tergerus budaya asing.

”Praktik seni pada mata pelajaran SBK untuk memben­tengi diri para siswa dari mo­der­nisasi, agar tetap meles­tarikan budaya,” ucapnya.

Untuk mengantisipasinya, kata Endang, SDN Tarikolot 03 Citeureup memberikan pengetahuan sejak dini baik secara materi maupun praktik. ”Alhamdulillah SDN Tarikolot 03 berusaha mengantisipasinya sejak dini”, tukasnya.(cr1/c)

Komentar Anda