Beranda Metropolis

Korlantas Polri Pantau SSA

BERBAGI
DIALOG: Korlantas Polri saat berdialog dengan berbagai instansi yang libat dalam pengaturan lalin.

BOGOR–RADAR BOGOR,Sejak pagi kemarin (3/4) Kantor Polresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, kedatangan tamu dari Korlantas Polri. Kedatangannya ke Kota Hujan sengaja untuk menilai koordinasi instansi yang terlibat dalam pengaturan lalu lintas. Penilaian tersebut dalam rangka Road Safty Partnership Action (RSPA) 2018.

Subdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Korlantas Polri, Kombes Pol Agus Salim menjelaskan, tujuannya datang ke Kota Bogor untuk meninjau sinergi instansi-instansi yang terlibat dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang aman.

“Bekerja sama dengan tim dari Universitas Indonesia (UI), melihat sejauh mana keterpaduan antarfungsi dan antarinstansi, dalam rangka menciptakan lalu lintas yang berkeselamatan,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Setelah memberikan arahan di ruang rapat Kantor Polresta Bogor Kota, para peserta menggunakan mobil iring-iringan beranjak mengelilingi sistem satu arah (SSA)
Kebun Raya Bogor (KRB). Kemudian, rombongan melakukan diskusi tambahan di Pos Polisi Terpadu, tepian Jalan Juanda.

Hasil pengamatan Agus, di Kota Bogor, koordinasi antara instansi yang dimaksud terbilang baik. Koordinasi yang dikomandoi Kasat Lantas Polresta Bogor Kota,
Kompol Bramastyo Priaji ini dianggap sudah efektif. “Saya lihat sudah sangat bagus. Sudah banyak yang dilakukan masing-masing instansi. Dalam hal ini, mungkin dikoordinir kasat lantas, itu sudah sangat baik,” kata Agus.

Ia menganggap, untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, tak melulu mengandalkan Satlantas Polresta Bogor Kota. Karena, menurutnya, di setiap daerah tugas polisi selalu didukung oleh peran serta pemerintah daerah (pemda). Dalam hal ini, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bogor seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Jadi, masing-masing instansi berperan untuk keselamatan berlalu lintas,” terangnya.(fik/c)

Baca Juga