Beranda Politik

Dorong UMKM Bogor Go Internasional

PEDULI UMKM: Calon bupati Bogor Ade Yasin mencicipi salah satu olahan UMKM asal Kabupaten Bogor dalam Festival Pancakarsa.

CIBINONG –RADAR BOGOR,Ekonomi kreatif menjadi salah satu perhatian calon bupati Bogor Ade Yasin. Sebab, melalui industri kreatif, pemerintah dapat membangun budaya kerja. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ekonomi kreatif juga diklaim dapat mengubah kultur masya­rakat ke arah yang lebih produktif. Untuk itu, Ade Yasin akan terus mendorong pengem­bangan eko­nomi kreatif melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Bogor.

”Apalagi kami mempunyai satu program unggulan dalam Pancakarsa, yakni mendorong UMKM Kabupaten Bogor untuk memperkenalkan produk asli sampai keluar negeri. Makanya, dengan doa dan dukungan warga, hal ini akan dapat diwujudkan ketika saya menjadi bupati,” ujarnya.

Dalam program unggulannya, penataan UMKM akan dilakukan secara bertahap. Mulai dari pendataan jumlah UMKM hingga jenis produk yang dihasilkannya. Sehingga dapat diklasifikasikan agar pemerintah bisa menampung seluruh produk tersebut hingga memasarkannya.

”Sektor UMKM Kabu­paten Bogor punya potensi besar, tinggal pemasarannya saja. Ini yang akan kami dorong untuk menggali dan memasarkannya. Kalau perlu kita ke­nalkan ­sampai keluar negeri,” beber Ade.

Jumlah UMKM di Kabupaten Bogor, kata dia, sudah mencapai ribuan. Mereka tidak hanya bergelut dalam produk kerajinan tangan, tetapi juga di bidang lain seperti kuliner dan sebagainya. Karena itu, calon nomor 2 tersebut akan mengupayakan agar hasil produk UMKM yang sudah ada saat ini dijadikan se­bagai buah tangan kepada para tamu yang berkun­jung ke Bumi Tegar Beriman.

”Kalau dari kualitas kita tidak kalah kok. Kalau dikenalkan, ini sama dengan mempromosikan UMKM Kabupaten Bogor, sehingga menarik daya beli dari luar,” ucapnya.

Ade berharap, UMKM di Kabupaten Bogor dapat terus hidup, memiliki daya saing dan be­rkem­bang pesat. ”Upaya lain­nya yang kami siapkan, dengan rutin menyelenggarakan pameran UMKM pada momen-momen tertentu,” pungkasnya. (gal/c)

Baca Juga