25 radar bogor

Capres Petahana Wajib Cuti Kampanye

Ilustrasi kesalahan data pada aplikasi Sirekap
Ilustrasi kesalahan data pada aplikasi Sirekap
ilustrasi, net

JAKARTA–RADAR BOGOR,Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, calon presiden/calon wakil presiden petahana harus cuti jika akan melakukan kampanye pada Pilpres 2019. Aturan ini sudah tertuang dalam rancangan Peraturan KPU (PKPU) Kampa­nye Pemilu 2019.

”Ya cuti (capres/cawapres petahan, red). Rancangan PKPU sudah selesai. Namun, konsultasinya (rancangan PKPU, red) baru dilakukan siang ini,” ujar Arief ketika dijumpai wartawan di kantor KPU, Menteng, Senin (2/4).

KPU, kata dia, dijadwalkan akan melakukan konsultasi dengan DPR terkait empat PKPU. Em­pat PKPU tersebut yakni, PKPU kampanye Pemilu 2019, PKPU dana kampanye pemilu 2019, PK­PU pencalonan legislatif dan PKPU pencalonan presiden.

Adapun aturan kam­panye capres petahana masuk PKPU Kampanye Pemilu 2019. Me­nurut Arief, cuti bagi capres/cawapres petahan boleh diaju­kan paling lambat sehari sebe­lum pelaksanaan kampanye.

”Yang penting cutinya itu dibe­ritahukan kepada KPU satu hari sebelum hari pelaksanaan kam­panye. Dalam rancangan PKPU kami begitu ya,” ungkap Arief.

Dia menambahkan, ada perbedaan mendasar dalam cuti petahana dalam kampanye pilkada dan pilpres. Dalam pilkada, cuti bagi petahana dilakukan selama masa kam­panye. ”Sementara itu, cuti untuk petahana dalam pilpres dan pileg dilakukan saat akan melaksanakan kampanye,” tegas Arief.(aen)