Beranda Politik

Capres Petahana Wajib Cuti Kampanye

BERBAGI
ilustrasi, net

JAKARTA–RADAR BOGOR,Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, calon presiden/calon wakil presiden petahana harus cuti jika akan melakukan kampanye pada Pilpres 2019. Aturan ini sudah tertuang dalam rancangan Peraturan KPU (PKPU) Kampa­nye Pemilu 2019.

”Ya cuti (capres/cawapres petahan, red). Rancangan PKPU sudah selesai. Namun, konsultasinya (rancangan PKPU, red) baru dilakukan siang ini,” ujar Arief ketika dijumpai wartawan di kantor KPU, Menteng, Senin (2/4).

KPU, kata dia, dijadwalkan akan melakukan konsultasi dengan DPR terkait empat PKPU. Em­pat PKPU tersebut yakni, PKPU kampanye Pemilu 2019, PKPU dana kampanye pemilu 2019, PK­PU pencalonan legislatif dan PKPU pencalonan presiden.

Adapun aturan kam­panye capres petahana masuk PKPU Kampanye Pemilu 2019. Me­nurut Arief, cuti bagi capres/cawapres petahan boleh diaju­kan paling lambat sehari sebe­lum pelaksanaan kampanye.

”Yang penting cutinya itu dibe­ritahukan kepada KPU satu hari sebelum hari pelaksanaan kam­panye. Dalam rancangan PKPU kami begitu ya,” ungkap Arief.

Dia menambahkan, ada perbedaan mendasar dalam cuti petahana dalam kampanye pilkada dan pilpres. Dalam pilkada, cuti bagi petahana dilakukan selama masa kam­panye. ”Sementara itu, cuti untuk petahana dalam pilpres dan pileg dilakukan saat akan melaksanakan kampanye,” tegas Arief.(aen)

Baca Juga