Beranda Pendidikan

SMP Kesatuan Pilih Ketua OSIS

BERBAGI
BELAJAR DEMOKRASI: Pelajar SMP Kesatuan memasukkan kertas suara usai mencoblos dalam pemilihan ketua OSIS.

BOGOR-RADAR BOGOR,SMP Kesatuan melakukan pemilihan ketua OSIS. Layaknya pemilu, para calon ketua OSIS berkampanye dan memiliki tim sukses. Para siswa melakukan pencoblosan di bilik suara dan mencelupkan jari kelingking di tinta, tanda sudah memilih.

Kepala SMP Kesatuan Agus Supangkat mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS rutin dilakukan setiap tahunnya atau setiap pergantian masa bakti anggota OSIS.

”Kami ingin mengajarkan siswa sejak dini tentang arti demokrasi, sehingga kami mendorong mereka agar tidak golput,” ujar Agus.

Sehingga, kata dia, demokrasi di SMP Kesatuan bukan hanya teori tapi juga dipraktikkan secara langsung. ”Ke depannya mereka bisa mengerti arti dari pemilihan pemimpin yang langsung, umum, bebas, dan rahasia,” kata Agus.

Menurutnya, ketua OSIS merupakan mitra kerja kepala sekolah, begitu pun anggotanya. Agus berharap, ketua OSIS yang terpilih dapat memajukan SMP Kesatuan.

”Sekolah di sini sebagai fasilitator bagi anak untuk mengembangkan diri, termasuk dengan adanya kegiatan ini dapat memberi pelajaran bagi siswa tentang berorganisasi,” terang Agus.

Dalam pemilihan tersebut, guru beserta staf sekolah juga ikut memberikan suaranya. “Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan, karena dapat dilihat, siswa sangat antusias,” tandasnya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga