Beranda Pendidikan

Siswa SMAN 6 Dilatih Berbagi

BERBAGI
ISMI/RADAR BOGOR
KEGIATAN SOSIAL: Siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor saat mendonorkan darahnya di laboratorium biologi sekolah, kemarin (2/4).
BOGOR–RADAR BOGOR,SMA Negeri 6 Kota Bogor menggelar kegiatan donor darah di laboratorium biologi, kemarin (2/4). Kegiatan rutin setiap tahunnya ini digagas Palang Merah Remaja (PMR) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).
Kepala SMAN 6 Bogor Aidawati mengatakan, siswa SMAN 6 Bogor dibiasakan untuk donor darah. ”Karena banyak manfaatnya, selain untuk kesehatan juga untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan,” tuturnya.
Aidawati mengatakan, setiap tahunnya siswa sangat antusias mendonorkan darahnya. Namun tidak semua bisa ikut, karena ada beberapa persya­ratan yang harus dipenuhi siswa. ”Usia minimalnya 17 tahun, jadi mayoritas yang ikut donor darah ini adalah siswa kelas 12,” tambahnya.
Persayaratan lainnya, siswa harus sehat jasmani dan rohani, berat badan lebih dari 50 kg, dan tidak menderita penyakit berisiko. ”Di samping itu juga sebelum donor darah ada pemeriksaan kesehatan,” terang Aidawati.
Kata Aida, guru dan staf juga ikut serta mendonorkan darahnya.
”Kami mengangkat tema Setiap Tetes Menyelamat­kan Tiap Kehidupan,” katanya.
Selain mampu menum­buhkan kepedulian siswa dan warga sekolah terhadap sesama, Aidawati mengatakan, melalui kegiatan ini mampu memba­ngun budaya berorganisasi siswanya.
”Semua kegiatan diren­canakan  dan dibuat oleh siswa. Mereka belajar saling bekerja sama, bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing, dan lain sebagainya,” jelasnya.(cr1/c)

Komentar Anda