Beranda Berita Utama

Peserta Bogorku Bersih Naik Tiga Kali Lipat

BERBAGI
ilustrasi bogorku bersih

BOGOR–RADAR BOGOR,Tahapan penjaringan peserta lomba Bogorku Bersih 2018 akhirnya berakhir. Setelah sebulan penuh melakukan penjaringan on the spot di 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor, panitia berhasil me­ngumpulkan 912 peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba kebersihan se-Kota Bogor.

Ketua Panitia Bogorku Bersih 2018, Muhammad Indra menuturkan, jumlah peserta lomba Bogorku Bersih tahun ini, naik tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Sebagai perbandingan, pada 2017 Bogorku Bersih diikuti oleh 287 peserta.

“Ini berarti tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjadikan lingkungannya bersih dan sehat semakin tinggi,” ujarnya.

Jumlah 912 peserta ini, sambung dia, terbagi dalam delapan kategori lomba. Antara lain, 608 peserta lomba kebersihan antar RT, 161 peserta lomba kebersihan sekolah, 10 peserta kebersihan kegiatan usaha pusat perbelanjaan, 6 peserta kebersihan pasar tradisional, 24 peserta kategori bank sampah, 9 peserta kategori desain fasilitas pengelolaan sampah, 68 peserta kebersihan kelurahan, dan 26 peserta kategori TPS 3R.

Dia menjelaskan, setelah tahapan penjaringan peserta tuntas, maka tahapan selanjutnya adalah proses verifikasi peserta. Proses ini sangat penting agar peserta yang ikut dalam lomba Bogorku Bersih 2018 adalah peserta yang benar-benar ingin dan ikut berpartisipasi.

“Tahapan ini juga sekaligus untuk mengecek persyaratan peserta untuk ikut lomba Bogorku Bersih,” ucapnya.

Sebab, mayoritas syarat untuk ikut lomba Bogorku Bersih adalah penilaian lapangan. Misalnya, untuk lomba kebersihan antar RT setiap peserta yang ikut, permukiman atau perumahannya harus sesuai dengan kategori yang dilombakan. Yakni, ketegori permukiman tepi sungai, swadaya, dan teratur.

“Karena ada kejadian, peserta yang mendaftar untuk kategori permukiman tepi sungai, tapi ketika dicek di lapangan ternyata permukiman swadaya. Makanya, tahapan ini sangat penting agar tidak ada kesalahan untuk kategori lomba,” bebernya.

Sama seperti tahun lalu, 38 tim monitoring Bogorku Bersih akan langsung door-to-door ke 912 peserta. Indra menargetkan proses ini akan memakan waktu sebulan hingga masuk ke proses penilaian tahap pertama. “Kita berharap di tahap ini tidak ada peserta yang gugur karena tidak siap atau tidak lolos dalam proses verifikasi di lapangan,” ucapnya.

Adapun, untuk info lebih lengkap mengenai tahapan lomba dan peserta yang berpartisipasi dalam Bogorku Bersih 2018, bisa didapatkan langsung dengan mengunjungi sekretariat Bogorku Bersih di Graha Pena Jalan KH Abdullah bin Nuh atau menghubungi admin Bogorku Bersih, Dita di 0895325688648.(ind)

Komentar Anda