Beranda Berita Utama

Kertajati Angkut 2,4 Juta Penumpang

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Instagram/humasptjasasarana)

BANDUNG-RADAR BOGOR,Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka hampir rampung. Bandara yang menelan dana investasi Rp2,6 triliun itu pun segera beroperasi pertengahan tahun ini. Pengelola bandara optimistis BIJB menargetkan bisa mengangkut 2,4 juta penumpang di awal tahun pengoperasiannya.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) Virda Dimas Ekaputra mengatakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin agar peralihan penumpang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dialihkan ke Kertajati dilakukan bertahap.

Pada tahap awal pengoperasian Bandara Kertajati, Bandara Husein juga tetap beroperasi melayani penerbangan komersial. “Di lingkar terdekat Jawa Barat, DKI, dan Banten terdapat bandara komersial besar lainnya selain Husein, Soetta Cengkareng, dan Halim Perdanakusuma. Sebentar lagi akan beroperasi Bandara Kertajati. Kalau ada yang bertanya bagimana pangsa pasarnya, kita tetap optimis Kertajati dapat bersaing,” ujar Virda.

Dia mengibaratkan jika orang Bandung ingin terbang ke Bali, pasti mencari rute terlebih dahulu. Setelah rute, ada pertimbangan jarak tempuh dari kediaman penumpang ke lokasi bandara. Kemudian komparasi perbandingan harga tarif. Baca selengkapnya Epaper Radar Bogor hari ini

Baca Juga