25 radar bogor

Sekolah Kedinasan Siapkan 13.677 Kursi

Sejumlah praja muda IPDN menyambut tamu (dok.JPNN.com)
Sejumlah praja muda IPDN menyambut tamu (dok.JPNN.com)

JAKARTA–RADAR BOGOR,Sebanyak delapan kementerian/ lembaga (K/L) yang mengelola sekolah kedina­san, membuka pendaftaran calon ­siswa-siswi/taruna-taruni baru dengan total jumlah peneri­maan sebanyak 13.677 kursi.

Sesuai pengumuman nomor: 239/S.SM.01.00/2018, delapan K/L yang membuka penerimaan siswa-siswi/taruna-taruni baru itu yakni Kementerian Keua­ngan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 sekolah tinggi, poltek dan akademi).

Pendaftaran sekolah kedina­san dilakukan secara online dan hanya melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id.

”Sistem computer assisted test (CAT) BKN kembali digunakan pada salah satu taha­pan, yakni seleksi kom­petensi dasar (SKD) penerimaan calon siswa-siswi/taruna-taruni baru tersebut,” kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan, pekan lalu.

Sementara itu, mengenai tata cara, persyaratan, dan kuali­fikasi calon peserta se­kolah kedinasan dapat dilihat di situs web K/L ma­sing-ma­sing mulai 1 April 2018.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti SKD, akan dikenakan biaya Rp50 ribu per peserta berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

”Biaya tersebut akan disetorkan kepada kas negara. Sementara itu, tata cara atau teknis pembayaran akan diatur lebih lanjut dengan surat edaran kepala BKN,” pung­kasnya.(esy/jpnn)