Beranda Metropolis

Pelatihan Jurnalistik Formata Bogor Tangkal Hoax dengan Budaya Literasi

BERBAGI
BEKAL: Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi berfoto saat bersama para pemateri, kemarin.

BOGOR–RADAR BOGOR,Untuk menangkal berita hoax serta meningkatkan intelektualitas mahasiswa dengan budaya literasi, Forum Mahasiswa Nusantara (Formata) Bogor menggelar pelatihan jurnalistik untuk para mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Bogor, kemarin.

Wakil Ketua Formata, Maulana Yusuf menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan selama dua hari sejak 31 Maret tersebut, merupakan salah satu program kegiatan bagi mahasiswa yang tergabung dalam Formata.

“Kali ini pelatihan mengenai jurnalistik. Semua hal-hal mengenai dunia jurnalistik dibahas dengan beberapa narasumber yang ada,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Di antaranya, Suwidi, koordinator “Menjadi Indonesia”, grup diskusi lintas disiplin intelektual dan profesional; dosen London School Public of Relation (LSPR) Edhy Aruman; Pemred Bernas Razaini Taher; juga CEO Radar Bogor Grup Hazairin Sitepu.

Kata Maulana, pelatihan jurnalistik ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami media, cara penulisan, juga membentuk mahasiswa kritis, cerdas, dan dapat bertanggung jawab.

Maulana juga menambahkan bahwa saat ini sudah sangat banyak beredar berita tidak benar atau hoax yang tersebar melalui internet.

“Kami ingin kalangan mahasiswa tidak mudah menerima berita hoax yang banyak tersebar di internet akhir-akhir ini. Makanya, sangat penting pelatihan ini diadakan,” tegas Maulana.

Nantinya, tambah dia, diharapkan para peserta pelatihan juga bisa membantu memilah berita hoax di kalangan mahasiswa yang ada di sekitar mereka.(ran/b)

Komentar Anda

Baca Juga