Beranda Pendidikan

Geber Pendidikan Karakter

BERBAGI
BANGGA: Mendikbud Muhadjir Effendy (kiri) saat menyerahkan
penghargaan kepada KASAD Jenderal TNI Mulyono.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Penguatan pendidikan karakter (PPK) di sekolah dinilai sangat penting. Untuk itu, dalam pelaksanaannya diperlukan keterlibatan berbagai pihak, salah satunya melalui kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, keterlibatan TNI di dunia pendidikan bukan hal yang baru. Peran dan kesigapan prajurit TNI dalam layanan pendidikan di daerah sudah terbukti.

Antara lain mengajar di sekolah-sekolah di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), membantu membangun sekolah atau rehabilitasi sekolah, dan membantu anak sekolah menyeberangi sungai untuk mencapai sekolahnya.

Awal 2018 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan TNI kembali bersinergi dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Mendikbud menuturkan, melalui TMMD, Kemendikbud dan TNI mempertajam program-program di sektor pendidikan yang selama ini sudah dilaksanakan oleh kedua pihak, salah satunya dalam hal pendidikan karakter.

”Misalnya rasa nasionalisme, cinta tanah air, rasa bela negara yang menjadi bagian dari tanggung jawab Kemendikbud dalam pendidikan karakter, diharapkan mendapat bantuan dan dukungan dari TNI, terutama tentara atau Babinsa di desa-desa,” kata Muhadjir belum lama ini.(rah/net)

Komentar Anda