Beranda Berita Utama

Pelaporan SPT Terus Meningkat

ilustrasi pelaporan SPT

JAKARTA–RADAR BOGOR,Kepatuhan wajib pajak semakin membaik. Hingga kemarin sore, penerimaan laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) dari wajib pajak orang pribadi (WP OP) yang masuk mencapai 10.407.774. Pada periode yang sama tahun lalu, SPT yang masuk sejumlah 9.288.394. Sehingga SPT yang masuk naik 12 persen dibandingkan tahun lalu.

Dari 10,4 juta SPT yang masuk, 1.909.513 SPT disampaikan secara manual. Sementara 80 persen sisanya atau sebanyak 8.498.261 disampaikan melalui e-filing.

Penyampaian SPT melalui e-filing pun terus meningkat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dirinya sempat mendengar mengenai keluhan akses e-filing dalam seminggu terkahir. Website Ditjen Pajak untuk pengisian e-filing sempat down, terutama pada Kamis (29/3) atau sebelum libur panjang.

”Tampaknya semua orang pada menu­nggu di hari itu, sehingga saluran sempat stuck. Karena, begitu banyak dari mereka yang menunggu hingga hari-hari terkahir,” ujarnya saat melakukan sidak di kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Jakarta, kemarin (31/3). Untuk melayani WP, semua KPP di seluruh Indonesia memang tetap buka meski kemarin adalah hari Sabtu.

Perempuan yang kerap disapa Ani itu pun berpesan pada para WP yang datang di KPP agar tak lagi menyampaikan SPT di hari-hari terakhir menuju batas pelaporan.

Hal itu untuk menghindari risiko jaringan e-filing down dan menghindari antrean panjang. Namun menurut Ani, Ditjen Pajak tetap akan terus meningkatkan kapasitas IT-nya setiap tahun agar bisa melayani minat masyarakat yang tinggi dalam menggunakan e-filing.(rin)

Baca Juga