Beranda Metropolis

Satpol PP Akui Kekurangan Personel

BERBAGI
UNJUK GIGI: Salah satu atraksi petugas Satpol PP yang tergabung klub karate saat HUT Satpol PP di Balaikota, Kamis (29/3).

BOGOR–RADAR BOGOR, Di usia ke-68 tahun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertugas mengawal perda di Kota Bogor masih kekurangan personel.

“Saat ini personel Satpol PP ada 250 orang, jumlah itu terbilang kurang. Idealnya, 350 sampai 450 orang. Hampir kurang dua kali lipat lah,” ujar  Kasatpol PP Kota Bogor Herry Karnadi kepada Radar Bogor, usai peringatan HUT ke-68 Satpol PP, HUT ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan ke-56 Satlinmas, yang dipusatkan di Balaikota, Kamis (29/3).

Kendati masih minim secara kuantitas, Herry menjelaskan, Satpol PP terus mengasah kualitas dalam menjalankan tugas. Berkolaborasi dengan TNI dan Polri, petugas pamong praja ini terasah dalam menertibkan peristiwa skala besar.

“Memang (jumlah) ini bisa jadi mengurangi kinerja di lapangan, namun tidak terlalu signifikan. Mana kualitas, mana yang tidak,” katanya. Lebih lanjut kata Herry, selain upaya mengatur pola kerja, pihaknya juga memplot personel untuk pola mobile dan penataan zona pedagang kaki lima (PKl).

Dalam peringatan HUT tersebut, dimeriahkan berbagai atraksi. Diawali dengan penampilan baris-berbaris dari anggota Satpol PP Kota Bogor. Selanjutnya ada atraksi dari sepuluh anggota Satpol PP yang tergabung dalam Bandung Karate Club (BKC).

Mereka menampilkan atraksi menghancurkan benda keras dengan kekuatan tangan kosong. Penampilan tersebut menyedot perhatian para tamu undangan dan seluruh barisan peserta yang mengikuti apel peringatan HUT Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas 2018.

Tak hanya itu, ada atraksi pemadam kebakaran cilik yang diberi nama Satria Biru Junior dari Damkar Kota Bogor. Mereka melakukan simulasi penanganan kebakaran, dengan terjun menggunakan tali dari atas membawa alat pemadam api ringan (APAR) dan karung goni basah. Srikandi Pemadam Kebakaran Kota Bogor pun mempraktikkan cara menangani tabung gas yang mengeluarkan api.

“Ini semua adalah anak-anak personel damkar, dilatih agar mencintai profesi ayahnya,” jelas Herry.

Atraksi diakhiri dengan tari-tarian yang dipandu Srikandi dari Satpol PP Kota Bogor, Polresta Bogor Kota, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dan Damkar Kota Bogor yang diikuti tamu undangan.

Hadir dalam acara tersebut, Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Kasatpol PP Kota Bogor Herry Karnadi, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, unsur Muspida, Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Satpol PP Kabupaten Bogor, Satpol PP Kota Depok, anggota TNI/Polri dan tamu undangan lainnya.(don/c)

Komentar Anda

Baca Juga