Beranda Politik

PDIP Minta Masukan JK

Jusuf Kalla (dok.Jawapos)

JAKARTA–RADAR BOGOR,PDI Perjuangan terus menjaring masukan untuk mencari calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi dalam Pilpres 2019. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, pihaknya masih terus berkonsolidasi dengan partai-partai koalisi untuk membahas figur cawapres.

Setelah dari DPP PPP, Senin (26/3), partainya akan berkunjung ke beberapa partai lain. Di antaranya, Nasdem dan PAN. ”Kami akan ke PAN untuk dialog,” tutur dia saat ditemui di kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro.

Selain ke partai parlemen, PDIP juga akan berkunjung ke kantor PSI dan Perindo. Dua partai baru itu sudah mendeklarasikan diri sebagai pendukung Jokowi. Mereka akan dimintai pendapat soal figur yang akan diusung sebagai cawapres.

Anggota DPR itu menyatakan, banyak tokoh yang akan dimintai masukan. Salah satunya Wapres Jusuf Kalla (JK). JK, kata pria asal Jogjakarta tersebut, merupakan tokoh senior yang berpengalaman luas di pemerintahan.

Persahabatan JK dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga berjalan sangat baik. Tentu ada chemistry di antara keduanya untuk kepentingan bangsa. Dia menjelaskan, pada rakernas 23 Februari lalu, partainya berkomitmen mendengarkan masukan dari JK. ”Beliau adakah tokoh bangsa,” ucapnya.

Selama ini Jokowi dan JK merupakan satu kesatuan pimpinan nasional yang bisa bekerja sama dengan baik. Hasto menegaskan, PDIP bersama partai koalisi sepakat mengumumkan nama cawapres Jokowi setelah pilkada serentak. Masih cukup waktu untuk menyampaikan kepada publik siapa figur yang akan mendampingi mantan gubernur DKI Jakarta itu. Setelah pilkada, para tokoh dan ketua umum partai koalisi akan berembuk.(lum/bay/c10/oni)

Baca Juga