Beranda Berita Utama

Mobil Diarahkan Lewat Jalur Alternatif, Hanya Motor yang Boleh Lewat Puncak

BERBAGI
DITUTUP: Petugas berjaga agar kendaraan tidak lewat karena berbahaya akibat longsor yang terjadi di Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Foto: Andika/Radar Bogor
 CIAWI-RADAR BOGOR, Hingga Kamis (29/3/2018) pagi tadi Jalur Puncak, masih ditutup. Ini dilakukan menyusul adanya pergeseran tanah di Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Rabu (28/3/2018) malam.

Tebingan amblas sepanjang 150 meter dengan lebar rekahan 50 centimeter. Hingga Rabu malam tadi, longsoran terus bertambah.

“Longsor mengakibatkan pergeseran tanah, para ahli sedang melakukan penelitian dan langsung mengambil langkah-langkah dari PUPR,” ujar Kapolres Bogor AKBP Andi Moch. Dicky.Penutupan dilakukan hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Namun, yang pasti komitmen awal untuk menutup jalur Puncak jika terjadi longsor kembali sudah disepakati sejak Februari 2018 lalu. Titik longsor berada di tikungan dan pergeseran tanah langsung menuju ke bawah jurang.

“Kamis (hari ini, red) biasanya arus wisata yang menuju Puncak akan padat, juga termasuk yang akan ke Bandung, juga Cianjur. Akan tetapi, dengan kondisi ini kami akan mengambil diskresi kepolisian,” terangnya.

“Kami bekerjasama dengan Polres Cianjur melakukan penutupan jalan, sambil berkonsultasi dengan Departemen Perhubuingan, yaitu Dirjen Perhubungan Darat, terkait bagaimana tindaklanjutnya lagi demi keselamatan kami lakukan penutupan,” lanjutnya.

Kalau di Bogor, Andi mengaku sudah melakukan penutupan, yaitu penyekatan jalan di pintu masuk menuju perkebunan Gunung Mas. Karena di sana ada jalur alternatif untuk melakukan pemutaran jalan.

“Kalau sudah di atas sudah tidak ada lagi. Kalau di wilayah Cianjur sendiri di persimpangan Hypermart. Kami lakukan ini sampai ada koordinasi lagi dengan pihak-pihak terkait,” terangnya.Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan, kendaraan bisa lewat Jonggol.“Jadi, dari Cianjur kami sudah lakukan penutupan dan spanduk imauan di simpang Hypermart. Yang mau ke Bogor kami alihkan ke Jonggol atau Sukabumi,” tambahnya.

Sebagai informasi Kapolres Bogor menginformasikan bahwa kendaraan roda dua saja yang bisa melintas. Dari pantauan di Simpang Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, pagi tadi arus lalu lintas menuju Puncak masih lancar.

Sementara dari Cianjur, beberapa kendaraan harus putar balik karena para sopirnya tidak tahu kalau jalur Puncak ditutup.(dka/pin/c)

Komentar Anda

Baca Juga