Beranda Uncategorized

Gandeng Organisasi Masyarakat Cegah Pelanggaran Pilkada

BERBAGI
PERSIAPAN: Pegawai KPU membereskan kotak pemungutan suara, belum lama ini.

BOGOR–RADAR BOGOR,Sukses tidaknya pelaksanaan pilkada, salah satunya ditentukan bagaimana partisipasi masyarakatnya. Tidak hanya menggunakan hak pilih, tetapi terlibat aktif dalam hal pengawasan. Karena itu, kemarin (28/3), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor mengundang masyarakat dari sejumlah unsur organisasi yang ada di Kota Bogor untuk berperan aktif mengawal proses Pemilu, Pileg, dan Pilpres 2019.

”Kami mengajak peran serta mereka untuk mencegah proses-proses pelanggaran yang akan terjadi saat tahapan Pemilu 2019,” ujar Ketua Panwaslu Kota Bogor Yustinus Eliyas Mau di sela-sela kegiatan sosialisasi bertajuk Pengawasan Pemilihan Umum Partisipatif bagi Ormas, OKP, dan Organisasi Mahasiswa di Kota Bogor yang digelar di Hotel Zest Bogor.

Setidaknya ada sepuluh ormas, lima OKP, dan lima organisasi kemahasiswaan yang hadir pada kegiatan itu. Menurutnya, dengan melibatkan peran serta sejumlah unsur dalam penyelenggaraan pemilu diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Yustinus menjelaskan pula mengenai apa saja yang tidak diperbolehkan selama masa kampanye Pemilu 2019. Selain itu, para peserta juga diajarkan mekanisme laporan jika menemukan suatu pelanggaran dalam pesta demokrasi nanti.(ded)

Komentar Anda