Beranda Ekonomi

Ekonomi Syariah Lokomotif Perekonomian

BERBAGI
BERKEMBANG: Pemerintah terus melakukan kajian pendirian bank syariah berstatus BUMN.

JAKARTA–RADAR BOGOR,Ekonomi syariah di Indonesia menunjuk­kan tren positif. Hal itu terli­hat dari pi­hak perbankan dan pelaku ekonomi konvensio­nal mu­lai melirik segmen sya­riah untuk pengem­bangan bisnisnya.

Menurut Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Ahmad Satori Ismail, perbankan sya­riah semakin mendapatkan tempat hati di masyarakat.

Atas tren itu, pemerintah diha­rapkan memberikan ke sem­patan bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang syariah untuk berkembang.

Jika ruang itu terus dikem­bangkan, keuangan syariah diprediksi dapat menjadi lo­komotif perekonomian In­donesia. “Ekonomi syariah se­harusnya bisa menjadi loko­motif perekonomian. Apalagi saat ini untuk bisnis perbankan sudah sangat menjanjikan,” kata Satori kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Senada dengan itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indo­nesia (MUI) Ma’ruf Amin me­­ngatakan, saat ini tanta­ngan untuk terus meng­ge­linding­kan dan memperbesar sektor ekonomi syariah cukup besar. Tantangan itu dapat dihadapi dengan baik, karena saat ini sudah banyak du­kungan dari pemerintah dan otoritas terkait.

“Sektor ekonomi syariah sudah memiliki pijakan kuat, baik dari sisi regulasi, fatwa terkait produk, jasa dan akad, infrastruktur lembaga ke­uangan dan bisnis syariah,” ujar Ma’ruf.

Dia berpendat, kendala dan hambatan ekonomi syariah yang selama ini menjadi peng­hambat sudah berangsur-angsur terkikis.(iil/jpg/JPC)

Komentar Anda