Beranda Pendidikan

BI Corner Hadir di SMA Kesatuan

BERBAGI
PERESMIAN: (Kiri-kanan) Kepala SMA Kesatuan Ahmad Junaedi, Direktur YPPI Trini Haryanti, dan Direktur Sekolah Kesatuan Samuel Soemantri, saat peresmian BI Corner di Perpustakaan SMA Kesatuan, kemarin (28/3)

BOGORRADAR BOGOR, Upaya peningkatan minat baca masyarakat terus digalakkan Bank Indonesia (BI) melalui BI Corner. Upaya serupa juga sepertinya ingin ditularkan di SMA Kesatuan. Peresmian BI Corner di Perpustakaan SMA Kesatuan tersebut dilakukan pada Rabu (28/3).

Direktur Yayayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) Trini Haryanti menjelaskan, YPPI saat ini dipercaya Bank Indonesia menjalin partnership dalam salah satu program sosialnya, yaitu membuat BI Corner di tempat umum, universitas, bahkan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

”Program BI Corner saat ini sudah memasuki tahun ketiga dan rencananya akan terus berlangsung hingga 2020 dengan target 1.000 BI Corner di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut Trini, hal tersebut dilakukan BI untuk membangun kedekatan antara BI dengan penerima manfaatnya.

”Karena sebetulnya penerima manfaatnya kan masyarakat luas. Nah, sekolah dapat memperluas pemahaman masyarakat bagaimana tugas dan fungsi BI ini, termasuk juga kepedulian BI terhadap peningkatan minat baca anak dan peningkatan prestasi,” bebernya.

Trini melanjutkan, terdapat 250 buku yang disediakan BI Corner, 50 buku di antaranya berbahasa Inggris.

”Sisanya buku tersebut bertemakan tentang bank sentral, bisnis dan motivasi. Ada juga fiksi dan pengetahuan populer,” bebernya.  Hingga saat ini, YPPI telah membangun BI Corner di sekitar 20 sekolah.

Sementara, Kepala SMA Kesatuan Ahmad Junaedi sangat mengapresiasi program BI Corner yang digaungkan BI tersebut.

”Apalagi tidak semua sekolah, baik di Kota Bogor maupun di luar Kota Bogor, bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan BI Corner, meski sudah mengajukan proposal,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya BI Corner, dapat menjadi daya tarik siswa untuk datang ke perpustakaan.

”Menurut kami masih kurang banyak anak-anak yang berkunjung ke perpustakaan, apalagi sekolah saat ini ada program literasi, jadi adanya BI Corner ini sangat membantu,” tutupnya.(cr1/c)

Komentar Anda