Beranda Olahraga All Sport

Semua Karena Umur

BERBAGI
Arsene Wenger

LONDON–RADAR BOGOR, Manajer Arsenal Arsene Wenger buka suara mengenai kondisi timnya dalam beberapa musim terakhir. Menurut dia, usia yang sudah menapak 68 tahun menjadi penyebab hasil minor yang diraih The Gunners.

Sebagaimana diketahui, musim lalu Arsenal mengakhiri kompetisi di luar empat besar. Itu artinya musim ini mereka tidak tampil di Liga Champions. Hal tersebut memutus ”tradisi” Arsenal yang selalu lolos ke ajang antarklub paling elite di benua biru itu sejak musim 2000-2001.

Satu lagi yang membuat kinerja pelatih berkebangsaan Prancis itu disorot. Ya, Arsenal tidak lagi memenangi Premier League sejak 2003-2004 alias 14 musim silam. Kala itu, Arsenal yang masih diperkuat Thierry Henry, Patrick Vieira, Dennis Bergkamp, dan Robert Pires memenangi liga dengan predikat tak terkalahkan sepanjang musim.

”Saya menerima jika hasilnya tidak cukup baik dan ada konsekuensi atas hal itu. Tapi secara keseluruhan, mayoritas melihat mengenai sudah berapa lama Anda berada di klub dan berapa usia Anda. Itulah yang membuat saya sulit menerimanya,” ucap Wenger kepada Sky Sports.

Selama 22 tahun menukangi Arsenal, sejatinya prestasi Wenger tidak buruk. Dia sudah mengoleksi tiga titel Premier League, tujuh Piala FA, dan tujuh Community Shield. Itu belum termasuk saat jadi runner up di Piala UEFA 1999-2000 dan Liga Champions 2005-2006.

”Saya mungkin cukup naif untuk percaya bahwa dengan berjalannya waktu dan seiring dengan apa yang sudah saya lakukan (di Arsenal, red), akan ada banyak tepuk tangan ketika saya berhenti nanti,” sambung Wenger lagi.

“Saya sedikit muak dengan semua hal modern mengenai menjaga citra. Saya bekerja seumur hidup saya dengan gagasan dari diri sendiri daripada mengikuti asumsi orang lain,” paparnya.(io)

Baca Juga