Beranda Berita Utama

Google Maps Permudah Bikers di Jalur Tikus

ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR,Fitur untuk pengendara motor di Google Maps sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Sebab, pengen­dara motor pun banyak meng­gunakan layanan Google Maps.

Tetapi, mereka sering merasa dianaktirikan lantaran fokus Google Maps hanya untuk mobil serta transportasi umum dan pejalan kaki. Selasa (20/3), Google resmi mengenalkan fitur khusus Rute Khusus Motor untuk membantu pengendara.

Product Marketing Manager Google Indonesia, Sasha Sunu mengatakan, sejak 2016 sebenarnya Google Maps sudah menyesuaikan layanan untuk pengguna di Indonesia. Terkait motor, kata dia, bahwa sebagian besar rumah tangga memiliki sepeda motor dan orang sering menggunakan ojek agar bisa bepergian dengan mudah.

Bahkan, jumlah sepeda motor di jalanan Indonesia tujuh kali lebih banyak daripada mobil. Lalu, apa saja fitur Rute Khusus Motor yang baru ini? Pertama, waktu perjalanan lebih akurat karena menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor. Kedua, rute khusus mencakup jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa melalui jalan tol.

Selain itu, Google Maps baru juga menyediakan fitur tambahan bagi pengendara mobil. Pertama, sistem ganjil dan genap dan mengarahkan mobil untuk menghindari jalan yang dilarang. Fitur ini pertama diluncurkan di Indonesia dan rencananya disusul kota-kota lain di dunia yang memiliki kebijakan sejenis.

Kedua, car free day. Google Maps akan mengetahui jadwal car free day di 30 kota di seluruh Indonesia sehingga tidak akan mengarahkan Anda melalui rute yang ditutup bagi kendaraan bermotor.(snc)

Baca Juga