Beranda Pendidikan

SMAN 1 Cibinong USBN Berbasis Komputer

BERBAGI
TELITI: Sejumlah siswa SMAN 1 Cibinong saat mengerjakan USBN berbasis komputer, kemarin(26/3)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Tahun ini, SMAN 1 Cibinong melaksana­kan ujian sekolah berbasis nasional (USBN) dengan kom­puter. Seba­nyak 355 siswa dibekali laptop untuk me­lak­sanakan ujian yang berlangsung sejak Senin hingga Selasa (19-27/3).

Wakil Kepala SMAN 1 Cibinong Bidang Kurikulum, Siti Warhamni menjelaskan, USBN berbasis komputer ini memang inisiatif dari sekolah.

”Awalnya, kami menerima tanta­ngan dari Plt kepala sekolah kami, (Bambang Supri­yadi, red) untuk USBN pakai komputer dan hanya satu shift, sehingga kami harus menyiap­kan banyak laptop,” ujar Siti.

Mengingat masih banyak siswa yang belum memiliki laptop, SMAN 1 Cibinong harus memutar cara agar dapat menyediakannya. Upaya itu dilakukan sekolah dengan menggandeng OSIS, MPK, dan guru untuk mem­bantu mengumpulkan laptop.

”Tapi memang mayoritas siswa sudah menggunakan laptop pribadi untuk ujian. Nah, sisanya, sekolah yang sediakan, termasuk untuk laptop cada­ngan, khawatir ada laptop yang tidak berfungsi dengan baik saat ujian berlangsung,” bebernya.

Tantangan lainnya, Siti menu­turkan, sekolah harus membuat jari­ngan LAN di sembilan kelas sekolahnya.

”Kami juga khawatir listrik mati, sehingga sebelum ujian berlangsung, kami mengirimkan surat permohonan kepada PLN agar tidak mema­damkan listrik pada 19-29 Maret, karena ditambah dua harinya itu ada try out yang berbasis komputer,” kata Siti.

Siti menambahkan, persiapan lainnya, yaitu pengaturan laptop siswa agar dapat digunakan ujian. Ia juga me­ngaku lega lantaran pelaksanaan USBN berbasis komputer bisa terlak­sana dengan baik.

”Upaya ini agar kita bisa mengikuti zaman, dan saat ini kan eranya digital. Intinya, sekolah ingin berubah dan berkembang ke arah yang lebih baik,” kata Siti.

Ia berharap, untuk ke depannya sekolah sudah bisa melakukan ujian lainnya dengan berbasis komputer.

“Sekolah kami sudah siap untuk ujian berbasis kom­puter,” tutupnya.(cr1/c)

Komentar Anda