Beranda Metropolis

PT MSJ Gelar BORR 10K

Ilustrasi (jawapos)

JAKARTA–RADAR BOGOR, Jelang peresmian tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB (ruas Kedungbadak-Simpang Yasmin), PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku pengelola jalan tol sepanjang 11 kilometer tersebut menggelar perlombaan lari pertama di jalan tol Kota Bogor bertajuk “BORR 10K”.

Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmojo menjelaskan, lomba lari yang akan diselenggarakan pada Minggu, 1 April ini menawarkan panorama indah Gunung Salak di sepanjang rute. Panitia membagi lomba ke dalam dua kategori, yakni kategori 5K dan 10K. Perlombaan lari sengaja dipilih karena sejalan dengan Kota Bogor yang menamakan diri sebagai “The City of Runners”.

“Pada pelaksanaannya, peserta kategori 5K akan menempuh rute penuh di atas jalan tol BORR seksi IIB, sedangkan bagi peserta kategori 10K akan turun sedikit ke jalan arteri untuk kembali masuk ke dalam jalan tol,” ujarnya seraya menyebut flag off start akan dikibarkan sebelum fajar, yakni pukul 05.45 WIB bagi peserta kategori 5K, dan pukul 05.30 WIB bagi peserta kategori 10K.

Selain itu, kata Hendro, PT MSJ selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga telah memastikan segala aspek yang menyangkut kenyamanan dan keamanan para peserta. PT MSJ telah menyediakan tiga titik water station bagi peserta lari kategori 10K, dan dua titik bagi kategori 5K. Pada setiap titik water station tersebut, telah disediakan petugas medis yang berjaga untuk mengantisipasi situasi medis apabila diperlukan oleh para pelari.

“Maksud diadakannya gelaran ini adalah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya membangun gaya hidup sehat melalui olahraga lari. Sekaligus ajang sosialisasi bagi masyarakat terkait jalan tol BORR seksi IIB menjelang peresmian,” imbuhnya.

Hendro berharap dukungan masyarakat akan keberadaan jalan tol BORR yang juga menjadi upaya untuk membantu kelancaran mobilitas dan aktivitas warga Bogor dan sekitarnya.

Pernyataan itu diamini Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat. Ade mengatakan, permasalahan lalu lintas di Kota Bogor akan diselesaikan satu demi per satu. Oleh karena itu, Ade berharap dengan dioperasi­kannya tol BORR seksi IIB ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan lalu lintas di Kota Bogor.

“Pengoperasian jalan tol ini diharapkan akan mendukung upaya Pemerintah Kota dalam menangani permasalahan lalu lintas,” ujar Ade.

Sebagai informasi, respons warga dan pelari Bogor mendominasi jumlah peserta sampai dengan 43 persen dari total peserta di ajang ini. Panitia juga mengajak para penyandang disabilitas untuk ikut dalam ajang ini. Seluruh pelari dilindungi asuransi, dan gelaran ini akan ditayangkan live streaming oleh TNV di kanal youtube.com/thenewvisionsvideos.(*/ric)

Baca Juga