Beranda Metropolis

Lepaskan Stres dengan Hatha Yoga

BERBAGI

BOGOR–RADAR BOGOR, Saat ini semakin banyak orang perkotaan yang menjadikan olahraga tren gaya hidup, karena menyadari akan pentingnya kesehatan.

Sebut saja, yoga. Olahraga yang kini banyak disukai berbagai usia ini, mulai tren dua tahun belakangan di Indonesia. Bahkan, tak sedikit selebriti tanah air seperti Titi DJ, Luna Maya, Andien, dan Raisa menekuni yoga. Hanya saja, jenis yoga di tiap negara itu berbeda-beda.

Di Amerika Serikat, pen­duduknya menyukai yoga dengan jenis Hatha. Hatha pertama kali diperkenalkan oleh Yogi (sebutan untuk praktisi yoga) Swatmarama di India pada abad ke-15 dan dijelaskan oleh dia sebagai tangga ke puncak Raja Yoga (Raja menjadi salah satu dari enam sekolah ortodoks filsafat Hindu, digariskan oleh Patanjali dalam Yoga Sutra) dan tahap persiapan untuk pemurnian fisik yang lebih tinggi.

Jenis yoga ini pun sering dilakukan Manager Marketing Communication The 1O1 Hotel Suryakancana, Siska Sabrina di sela-sela waktu senggangnya. Dan biasanya dilakukan di sejumlah sudut The 1O1 Hotel. Sabrina, sapaannya, mengatakan jenis yoga ini dianggapnya paling friendly untuk para pemula diban­dingkan jenis yoga lainnya.

“Kalau ditanya mudah apa gak, awalnya pasti berat ya. Apalagi kalau jarang olahraga. Cuma, lama-lama kebiasaan dan nagih,” jelasnya kepada Radar Bogor, Senin (26/3).

Kata dia, Hatha Yoga merupakan cabang dari senam yoga yang berpusat pada penguasaan tubuh maupun pernapasan. Yoga ini, akan menyeimbangkan dua kutub energi yang ada pada tubuh manusia, yaitu yang dan yin, lingga, yoni, ha, feminine dan tha. 

“Keseimbangan yang ada pada dua kutub ini merupakan penguasaan dari fisik yang diperoleh dengan mengguna­kan olah tubuh, pembersihan, kuncian, olah napas, juga gestur,” bebernya.

Ia yang juga sempat menjadi guru yoga untuk teman-teman kantornya sewaktu kerja di Maldive, mengatakan bahwa Hatha Yoga bermanfaat untuk melepas stres, terutama bagi orang yang kerjanya sangat intense.

“Khususnya buat wanita nih, bisa bikin badan lebih fit, menurunkan berat badan, juga bikin awet muda,” tegas Sabrina.(ran/c)

Komentar Anda