Beranda Pendidikan

UNBK Jangan Korbankan Siswa

BERBAGI
ILUSTRASI: Siswa SMKN 4 Bogor mengikuti pelaksanaan UNBK tahun lalu.

JAKARTARADAR BOGOR, Sekolah-sekolah diminta tidak memaksakan penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sehingga mengganggu kepentingan siswa.

”Memang UNBK lebih unggul dari ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Namun jangan memaksakan harus UNBK dan mengorbankan siswa,” kata anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria, Sabtu (24/3).

Dia menyebutkan, ada empat keunggulan UNBK dibanding UNKP. Pertama, kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan karena potensi kecurangan hampir tidak ada.

Waktu ujiannya relatif lebih singkat dan variasi soal sangat banyak sehingga peserta tidak bisa mencontek satu sama lain yang pada akhirnya akan meningkatkan indeks integritas ujian nasional (IIUN).

Kedua, UNBK lebih efisien dan ekonomis karena penyelenggara tidak perlu lagi membiayai pencetakan soal, distribusi, gudang, pengawalan, pemimdaian jawaban ujian, pemusnahan lembar jawaban, dan sebagainya.

Ketiga, waktu penyelenggaraannya fleksibel. UNBK bisa berbeda-beda waktu penyelenggaraannya karena tidak akan ada kebocoran kunci jawaban, mengingat peserta tidak akan mengetahui varian soal UNBK yang akan dihadapi.

Keempat, hasil UNBK bisa segera diketahui karena penilaian hasil ujian dilakukan dengan otomatisasi.

”Memang ada sebagian sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK karena berbagai keterbatasan.(esy/jpnn)

Baca Juga