Beranda Politik

RZ Siapkan Pendampingan bagi UMKM

BERBAGI
DISERBU IBU-IBU: Calon wali kota Bogor Achmad Ru’yat disambut antusias warga Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, kemarin (25/3).

BOGORRADAR BOGOR, Calon wali kota Bogor Achmad Ru’yat diserbu kaum ibu saat berkampanye di Kelurahan Harjasari, Keca­matan Bogor Selatan, kemarin (25/3). Mereka bahkan meng­ikuti pasangan dari Zaenul Mutaqin ini blusukan hingga selesai.

Di sela kampanye, para  ibu  menyampaikan aspirasinya ke calon nomor urut 1 tersebut. Di antaranya terkait bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) dan pe­ngem­bangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

”Pak di sini banyak warga yang punya usaha kecil-kecilan, tapi banyak juga yang kurang maju. Ya, syukur-syukur ada perhatian dari pemerintah daerah untuk menyikapi persoalan warga ini, misal ada koperasi permodalan,” celetuk salah satu ibu usai Ru’yat memaparkan visi-misi.

Menanggapi itu, Ru’yat dengan tenang dan optimis mengatakan, selama kampanye menyapa warga, banyak ditemu­kan warga yang memiliki usaha kelas kecil dan menengah yang memang bertahan. Tetapi sekadar untuk memenuhi kebutuhan dasar. Sedangkan untuk berkembang mengalami kesulitan.

Dalam hal tersebut, pasangan yang akrab disapan RZ ini memiliki sebuah program bagi UMKM. Di mana para UMKM akan dilakukan pendampingan.

”Seperti adanya pembinaan kewirausahaan, diberikannya subsidi atau bantuan pembiayaan permodalan agar mereka bisa mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Terkait anggaran, menurut  Ru’yat, bisa dikombinasikan. Baik itu dari anggaran APBD maupun dari stakeholder atau kemitraan-kemitraan yang sudah dibangun.

”Mudah-mudahan, insya Allah dengan hal tersebut bisa menjadikan solusi bagi pelaku UMKM yang mengalami kesulitan. Misalnya perlu peningkatan kewirausahaan dari segi mentalitas bisnis atau perlunya subsidi permodalan,” jelasnya. (gal/c)

Baca Juga